Peran Dynamic Geometry Software Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Peserta Didik Dalam Belajar Descriptive Geometry: Sebuah Review Literatur

  • Aris Hadiyan Wijaksana
  • Yaya S. Kusumah Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Descriptive Geometry, Dynamic Geometry Software, Kemampuan Spasial

Abstract

Peserta didik dalam memahami Descriptive Geometry perlu memiliki kemampuan spasial. Karakteristik dari Descriptive Geometry adalah proyeksi dimana dalam pembelajaran siswa dituntut untuk mampu merepresentasikan objek-objek 3D ke dalam bentuk 2D dengan aturan-aturan proyeksi yang ketat. Oleh karena itu peserta didik hendaknya memiliki kemampuan spasial yang mumpuni apabila mengikuti pembelajaran Descriptive Geometry, sehingga penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat sejauh mana peran Dynamic geometry software dalam meningkatkan kemampuan spasial peserta didik dalam belajar Descriptive Geometry.  Penelitian ini merupakan sebuah review literatur yang mengkaji berbagai macam referensi melalui penelusuran artikel internasional maupun nasional secara daring. Studi ini diperuntukkan untuk mendapatkan kekuatan kajian ilmiah tentang kemampuan spasial peserta didik dalam mempelajari Geometry Descriptive. Setelah melakukan kajian terhadap artikel-artikel yang relevan, dapat disimpulkan bahwa Dynamic geometry software memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan spasial peserta didik dalam belajar Descriptive Geometry.

Published
2023-03-30