Pendekatan Konstruktivisme dan Miskonsepsi: Keterkaitannya dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Mutiah Universitas Negeri Jakarta
  • Ratna Juwita Universitas Negeri Jakarta
  • Anis Amalia Syahdatunnisa Universitas Negeri Jakarta
  • Makmuri Makmuri Universitas Negeri Jakarta
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.072.06

Keywords:

konstruktivisme, miskonsepsi, matematis, siswa

Abstract

Kaitan antara miskonsepsi dan konstruktivisme belum terungkap secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterkaitan antara konstruktivisme dan miskonsepsi siswa dalam pembelajaran matematika. Kajian literatur ini menganalisis 14 artikel terpilih. Artikel-artikel tersebut berasal dari jurnal nasional terindeks SINTA dan jurnal internasional dengan tahun terbit 2015 – 2023. Konten dalam artikel-artikel tersebut dianalisis berdasarkan metode, sampel, strategi/pendekatan, topik, dan keterkaitannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterkaitan antara konstruktivisme dan miskonsepsi dapat dideskripsikan ke dalam tiga hal, yaitu: konstruktivisme dapat mendeteksi miskonsepsi siswa, konstruktivisme dapat mengurangi miskonsepsi siswa, dan miskonsepsi siswa menghambat konstruksi pengetahuan. Selain itu, topik yang banyak dibahas adalah Geometri, Aljabar, dan Bilangan. Implikasi penelitian akan disajikan.

Downloads

Published

2023-09-28