Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 4 Tangerang

  • Nurafni Oktaviani Universitas Negeri Jakarta
  • Fariani Hermin Indiyah Universitas Negeri Jakarta
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta
Keywords: model pembelajaran flipped classroom, kemampuan penalaran matematis, sistem persamaan linear dua variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment tipe posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.9 dan VIII.10 di SMP Negeri 4 Tangerang. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berjumlah 5 soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, diperoleh bahwa t_hitung=2,014, sementara t_tabel=1,668 sehingga t_hitung>t_tabel, maka H_0 ditolak. Besar pengaruh diuji menggunakan Cohen’s Effect Size dan diperoleh nilai d sebesar 0,5. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori medium atau sedang dengan besar persentase 69%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran model flipped classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 4 Tangerang.

Published
2024-04-16