Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.081.10Keywords:
pendekatan realistik, komunikasi matematis, pengembangan media articulate storyline 3Abstract
Guru matematika SMP N 1 Punggur Lampung Tengah dalam menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan buku cetak, LKS dan belum menggunakan media pembelajaran. Selain itu, peserta didik masih merasa sulit memahami materi pelajaran matematika. Sebagian besar peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga diperlukannya pembelajaran yang menarik dan lebih kreasi dengan bantuan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengembangkan media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis; (2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Lokasi penelitian ini di SMP N 1 Punggur. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 orang peserta didik kelas VII di SMP N 1 Punggur. Materi yang dikembangkan adalah materi aljabar. Hasil pengembangan dengan menggunakan 4-D menunjukkan bahwa hasil validasi media sebesar 84 persen dengan kriteria “sangat valid” serta validasi ahli materi yaitu 89 persen dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya hasil respon peserta didik mendapatkan persentase 84 persen dengan kriteria “sangat praktis”, sedangkan tes keefektifan media pembelajaran articulate storyline 3 menunjukkan hasil ketuntasan belajar sebesar 79 persen dengan kriteria “efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran articulate storyline 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.