Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbasis Desmos Activity Builder dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 43 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.081.08Keywords:
desmos activity builder, interaktif, theorema phytagorasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran online berbasis Desmos Activity Builder dengan pendekatan kontekstual sebagai media pembelajaran yang interaktif untuk siswa Kelas VIII SMP Negeri 43 Jakarta pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 43 Jakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2021 sampai dengan Agustus 2023, mulai dari melakukan analisis kebutuhan hingga menghasilkan produk media pembelajaran final. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Konsep model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu analyze, design, development, implementation dan evaluation. Penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran interaktif online berbasis Desmos Activity Builder dengan pendekatan kontekstual pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 43 Jakarta. Berdasarkan hasil validasi produk, rata-rata kelayakan yang diperoleh dari semua penilaian adalah 83% dan jika diinterpretasikan media pembelajaran ini mendapat kategori sangat baik. Maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif online berbasis Desmos Activity Builder dengan pendekatan kontekstual pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 43 Jakarta tergolong dalam kategori kelayakan sangat baik untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran atau sumber belajar alternatif bagi siswa kelas VIII SMP dalam mempelajari materi teorema Pythagoras.