Peran Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.091.01Keywords:
Etnomatematika, Permainan Congklak, Pembelajaran Matematika, Kemampuan Berhitung, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh permainan congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II Sekolah Dasar. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini melibatkan siswa, guru, dan orang tua sebagai informan untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait interaksi antara permainan dan proses pembelajaran matematika. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas II SD Muhammadiyah 29 Sunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan congklak efektif dalam meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Melalui permainan ini, siswa tidak hanya belajar menghitung dengan cara yang menyenangkan tetapi juga mengembangkan keterampilan sosial, berpikir kritis, dan strategi. Observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa lebih terlibat dan antusias dalam pembelajaran matematika saat menggunakan congklak, serta mampu mengaitkan konsep matematika dengan situasi nyata. Kesimpulannya, permainan congklak bukan hanya alat pembelajaran yang menyenangkan tetapi juga berkontribusi pada perkembangan kognitif dan sosial siswa, menjadikannya inovasi yang berpotensi mengoptimalkan proses pembelajaran matematika di sekolah dasar
References
Andriani, F., & Wahyudi, W. (2023). Media Permainan Ular Tangga Berbasis Misi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 1869–1875. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i4.5743
Ansya, Y. A. (2023). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA Menggunakan Strategi PjBL (Project-Based Learning). Jurnal Ilmu Manajemen Dan Pendidikan (JIMPIAN), 3(1), 43–52. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2225
Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Syahkira, H. P. (2024). Optimizing Mathematics Learning in Fifth Grades: The Critical Role of Evaluation in Improving Student Achievement and Character. Progres Pendidikan, 5(3), 302–311. https://prospek.unram.ac.id/index.php/PROSPEK/article/view/1120
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.31851/indiktika.v6i2.15030
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Rahma, F. M., Sari, K., & Khairunnisa, K. (2024). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 8(3), 598–606. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.60183
Ansya, Y. A., Ardhita, A. A., Sari, K., Nainggolan, M. G., Ayunda, R., Hasibuan, W. A., & Antika, W. (2021). Lunturnya Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Ideologi Dalam Kehidupan Masyarakat Indonesia Di Era Globalisasi Yang Mengakibatkan Munculnya Kelompok Terorisme. Jurnal Handayani, 12(2), 144–153. https://doi.org/10.24114/jh.v12i2.45265
Ansya, Y. A., & Salsabilla, T. (2024). Model Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Cahya Ghani Recovery.
Cristina, A. S., & Asfar, A. M. I. T. (2024). Permainan Mabombo-Bombo Berbasis Ethnogames 3d. Penerbit KBM Indonesia.
Handoko, Y., Wijaya, H. A., & Lestari, A. (2024). Metode Penelitian Kualitatif Panduan Praktis untuk Penelitian Administrasi Pendidikan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Harun, A. J., & Sudaryanti, A. M. (2020). Pengembangan model pendidikan karakter berbasis multi kultural dan kearifan lokal bagi siswa PAUD. UNY Press.
Hasanah, U., & Zalnur, M. (2024). Proses Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di MTs Raudhatul Iman Tebo Jambi. Jurnal PAI Raden Fatah, 6(3), 724–737. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/w3152331
Ibrahim, A., Safitri, I., Agustina, M., Elyana, L., Saksono, H., Widodo, T. W., Khoiri, A., & Abroto, A. (2024). Metodologi Penelitian Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.
Ilhaq, M., & Kurniawan, I. (2023). Integrasi Pengetahuan Lokal dalam Pendidikan Seni Rupa di Era Digital. Jurnal Sitakara, 8(2), 251–259. https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i2.12853
Isrok’atun, I., & Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.
Kurniasih, R. (2020). Implementasi Permainan Tradisional Congklak dalam Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-Kanak Tiara Persada Kecamatan Metro Utara [IAIN Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/4250/
Mailani, E. (2015). Penerapan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 1(1), 8–11. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/elementary/article/view/1286
Matulessy, A., Ismawati, I., & Muhid, A. (2022). Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 13(1), 165–178. https://doi.org/10.26877/aks.v13i1.8834
Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). Rosda Karya.
Muyassaroh, I., & Sunaryati, T. (2021). Etnomatematika: Strategi Melahirkan Generasi Literat Matematika Melalui Budaya Lokal Yogyakarta. DIKODA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(01), 1–12. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v2i01.810
Nartin, N., Faturrahman, F., Deni, A., Santoso, Y. H., Paharuddin, P., Suacana, I. W. G., Indrayani, E., Utama, F. Y., Tarigan, W. J., & Eliyah, E. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri.
Nurhidayati, E. (2017). Pedagogi Konstruktivisme dalam Praksis Pendidikan Indonesia. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.30653/001.201711.2
Pugu, M. R., Riyanto, S., & Haryadi, R. N. (2024). Metodologi Penelitian; Konsep, Strategi, dan Aplikasi. PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Purbasari, N. (2024). Meningkatkan Regulasi Emosi dengan Permainan Tradisional Congklak Lidi di TK PGRI 2 Cugenang Cianjur. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Putri, R. fadila. (2022). Keefektifan Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 2(2), 197–207. https://doi.org/10.69775/jpia.v2i2.73
Rahmasari, F., Sutriyani, W., & Muhaimin, M. (2023). Efektivitas permainan tradisional congklak terhadap hasil belajar matematika SD. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 508–518. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2466
Sari, D., Hermansah, B., & Selegi, S. F. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Berhitung Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD Negeri 87 Palembang. Ournal On Teacher Education, 4(2), 48–54. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/5546
Sari, Y., Ansya, Y. A., Alfianita, A., & Putri, P. A. (2023). Studi Literatur : Upaya Dan Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Guru Kita PGSD, 8(1), 9–26. https://doi.org/10.24114/jgk.v8i1.53931
Siregar, S. N., Solfitri, T., & Roza, Y. (2018). Pengenalan Konsep Operasi Hitung Bilangan Melalui Permainan Congklak Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 119–128. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.107
Wibowo, H. S. (2023). Icer Breaker dan Pembelajaran. Tiram Media.