Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Bantuan LKPD Berbasis Masalah Kontekstual Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.091.03Keywords:
Literasi Numerasi, LKPD, PBLAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran PBL dengan bantuan LKPD berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Metode penelitian yang diterapkan adalah eksperimen kuasi dengan rancangan posttest only control group dan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data berupa lima butir soal uraian yang telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas digunakan untuk mengukur kemampuan literasi numerasi siswa pada pokok bahasan SPLDV. Hasil analisis uji-t pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai t_hitung sebesar 3,243, melebihi t_((0,05,70) ) sebesar 1,667. Data yang diperoleh mengonfirmasi bahwa rerata nilai kemampuan literasi numerasi siswa pada kelas eksperimen melampaui rerata nilai siswa pada kelas kontrol. Uji Cohen's size effect menghasilkan nilai 0,764 yang termasuk kategori large dengan kontribusi sebesar 79%. Oleh karena itu, penerapan model PBL dengan bantuan LKPD berbasis masalah kontekstual terbukti memengaruhi kemampuan literasi numerasi siswa di SMP Negeri 97 Jakarta.
References
Akınoğlu, O., & Tandoğan, R. Ö. (2007). The effects of problem-based active learning in science education on students’ academic achievement, attitude and concept learning. Journal of Mathematics, Science and Technology. https://www.ejmste.com/article/the-effects-of-problem-basedactive-learning-in-scienceeducation-on-students-academicachievement-4048
Ambarwati, D., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh problem based learning berbantuan media youtube terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857–2868.
As’ari, A. R., Tohir, M., Valentino, E., Imron, Z., & Taufiq, I. (2017). Buku guru matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk kelas VIII SMP/MTs. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Ekawati, H. (2016). Perbedaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMP Negeri 10 Samarinda. Jurnal Pendas Mahakam, 1(1), 54–64.
Flanto, F. (2018). Literasi numerasi dalam pengembangan klub STEAM & wirausaha di sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Hapsari, M. M., Herawati, D., Bhintarti, C. P., & Nadhirah, N. A. (2022). Pedoman penelurusan minat dan bakat jenjang SMP (A. F. Chandra & M. E. E. Titaley (eds.)). Direktorat SMP, PAUDDASMEN, Kemendikbudristek.
Ibrahim. (2017). Perpaduan model pembelajaran aktif konvensional (ceramah) dengan cooperatif (make-a match) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 199–211. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/suara%20guru.v3i2.3597
Istifadah, Z., Nuryadi, N., & Saadah, F. N. (2023). Efektivitas penggunaan LKPD berbasis Realistic Mathematics Education untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 113–122. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v14i2.95
Jannah, D., Holisin, I., & Suprapti, E. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan literasi numerasi melalui pembelajaran daring berbasis search, solve, create, share (SSCS). Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 10(3), 259–274. https://doi.org/10.23960/mtk/v10i3.pp259-274
Juniarso, T. (2019). Keefektifan model Problem Based Learning terhadap kemampuan proses sains. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(3). https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i3.4419
Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem Based Learning pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungan kelas VII SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 450–461. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693
Lestari, D., & Syamsurizal, S. (2021). The effectiveness of PBL-based LKPD for empowering the Senior High School student’s critical and creative thinking skills. International Journal of Social Science And Human Research, 04(07), 1776–1784. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v4-i7-29, Impact factor-5.586
Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi numerasi siswa dalam pemecahan masalah tidak terstruktur. KALAMATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
Marshel, J., & Ratnawulan. (2020). Analysis of Students Worksheet (LKPD) integrated science with the theme of the motion in life using integrated connected type 21st century learning. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012046
Miralda, D., & Marhaeni, N. H. (2023). Efektivitas penggunaan LKPD untuk meningkatkan literasi numerasi peserta didik. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 147–158.
Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup Abad 21 pada mahasiswa. … Journal of Learning Education and Counseling, 3(1).
Nurussilmah, R., Maya Santi, V., & Aziz, T. A. (2020). Pengaruh pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari tingkat kemampuan awal matematika siswa SMK. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 26–34. https://doi.org/10.21009/jrpms.042.04
OECD. (2013). PISA 2012 assessment and analytical framework: mathematics, reading, science, problem solving and financial literacy. OECD Publishing.
OECD. (2023). Education GPS. OECD. https://gpseducation.oecd.org/CountryProfile?primaryCountry=IDN&treshold=10&topic=PI
Prastowo, A. (2014). Development of thematic teaching materials. In Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Putri, E. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar siswa kelas VIII SMP. Universitas Islam Riau.
Rahmayanti, D. (2014). Perbandingan kemampuan komunikasi matematik siswa antara yang mendapatkan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–9. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2764522&val=21041&title=PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA YANG MENDAPATKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN KONVENSIONAL
Simalango, M. M., Darmawijoyo, D., & Aisyah, N. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada konten change and relationship level 4, 5, dan 6 di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 43–58. https://doi.org/https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.4246.43-58
Simamora, Y., Simamora, M. I., & Andriani, K. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi matematik siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 8(2).
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (mixed methods) (Sutopo (ed.); 10th ed.). Alfabeta.
Tim GLN Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi pendukung literasi numerasi: gerakan literasi nasional. Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah.
Trianto, M. P. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. In Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh model Problem Based Learning berbantuan software Cabri 3D V2 terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690
Wulandari, E., Daryati, D., & Neolaka, A. (2019). Perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dengan model pembelajaran konvensional plus pada mata pelajaran statika. Jurnal PenSil, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.21009/jpensil.v2i1.9866