Pembelajaran Matematika Ideal Pada Kelas Inklusi MAN 2 Sleman: Perspektif Siswa Dengan Hambatan Penglihatan dan Guru
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.091.02Keywords:
Kesulitan Belajar, Matematika , Kelas Inklusi, Siswa dengan Hambatan Penglihatan, GuruAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk menggambarkan keadaan siswa dengan hambatan penglihatan dan guru yang merasakan kesulitan dalam pembelajaran matematika di ruang kelas inklusi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan berbagai masalah yang dihadapi kedua pihak tersebut saat belajar matematika di kelas inklusi. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Observasi, wawancara dan dokumentasi menjadi instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini. Dua siswa dengan hambatan penglihatan dan dua guru matematika yang mengajar di kelas inklusi MAN 2 Sleman terlibat dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika di kelas inklusi terdapat kendala yang berasal dari faktor internal, dalam pelaksanaan pembelajaran, dan faktor sosial. Kurangnya dorongan dan minat siswa dengan hambatan penglihatan untuk belajar matematika menjadi kendala utama bagi siswa dan guru. Sementara itu, beberapa tantangan yang dihadapi siswa antara lain kompetensi guru matematika di kelas inklusi yang kurang mumpuni, kurangnya ketersediaan media pembelajaran dan fasilitas yang disediakan oleh sekolah, dan kurangnya asisten guru khusus di sekolah. Penelitian ini berimplikasi pada Penggunaan metode pembelajaran berdiferensiasi (Differentiated Instruction) dalam kelas inklusi yang dinilai dapat membantu memastikan setiap siswa dapat belajar sesuai dengan kebutuhan dan potensi mereka, sehingga meningkatkan pemahaman dalam belajar matematika, keterlibatan aktif, serta rasa percaya diri dalam menghadapi hambatan dan tantangan pembelajaran
References
Arikunto, S. (1986). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Andriyan, A., Hendriani, W., & Paramita, P. P. (2023). Pendidikan inklusi: Tantangan dan strategi implementasinya. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 5(2), 94. https://doi.org/10.26555/jptp.v5i2.25076
Atmaja, Jati Rinakri. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Dharma, I. M. A., Arnyana, I. B. P., Dantes, N., & Sudewiputri, M. P. (2024). Kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11, 333–343.
Fadhila, Y. A., Izzatika, A. F., & Putranto, S. (2023). Barriers To Learning Mathematics In Inclusion Classrooms: Perspectives Of Deaf Students And Teachers. Jurnal Pendidikan Inklusi, 7(1), 49–58.
Hafiz, A. (2017). Sejarah dan Perkembangan Pendidikan Inklusi di Indonesia. Jurnal As-Salam, 1(3), 9–15.
Hanifah, D. S., Haer, A. B., Widuri, S., & Santoso, M. B. (2022). Tantangan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dalam Menjalani Pendidikan Inklusi Di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 473. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.37833
Kasman. (2020). Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Education and Development, 8(2), 514–519.
Mulyani, D. W. C., & Abidinsyah. (2021). Strategi Pembelajaran Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN Antar Baru 1 Marabahan. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(4), 197–216. https://mathdidactic.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/1597
Rangkuti, A. N., & Hasibuan, A. A. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika. In Perdana Publishing (Vol. 1).
Rianto, B., & Herman, T. (2023). Pembelajaran Matematika Di Sekolah Inklusif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 16(2), 277. https://doi.org/10.30870/jppm.v16i2.19950
Riyadi, E. (2021). Pelaksanaan Pemenuhan Hak Atas Aksesibilitas Pendidikan Tinggi Bagi Penyandang Disabilitas di Yogyakarta. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 71-93.
Suryana, A. (2007). Tahap-Tahapan Penelitian Kualitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 5–10.
Wijaya, S., Amaliya, D., Azkia, L., & Nadilah. (2024). Metode Pembelajaran Matematika Pada Anak Tuna Netra Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(01), 133–141.
Wijayanti, D. A., & Permana, A. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Metode Pembelajaran dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 2(1), 17–23. https://doi.org/10.21009/jrpms.021.03