Studi Pemahaman Kalkulus: Uji Kemampuan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Perhitungan Integral dan Diferensial
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.091.04Keywords:
Kalkulus, Integral, Diferensial, Kemampuan MahasiswaAbstract
Kalkulus merupakan cabang matematika yang sangat penting dan luas dalam aplikasinya, terutama dalam bidang sains, ekonomi, dan teknik. Meskipun demikian, banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar kalkulus, terutama dalam perhitungan integral dan diferensial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pemahaman mahasiswa pendidikan matematika terhadap perhitungan integral dan diferensial dalam menyelesaikan masalah yang terkait dengan konsep tersebut. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui soal dan wawancara. Penelitian dilakukan dengan memberikan tiga soal dan wawancara kepada tiga responden mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Padang angkatan 2023 yang dipilih secara acak. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dilakukan melalui tahapan yang meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah kesimpulan dari data yang dianalisis, yaitu berupa kategori mengenai tingkat pemahaman mahasiswa pendidikan matematika mengenai integral dan diferensial. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemahaman yang berbeda dalam menyelesaikan permasalahan perhitungan integral dan diferensial, yaitu tingkat pemahaman sedang (medium level comprehension), dan tinggi (high level comprehension). Hasil penelitian dapat digunakan untuk meningkatkan pendekatan pengajaran matematika di tingkat perguruan tinggi dalam materi kalkulus.
References
Analisis Riset Kalkulus Peubah Banyak Dengan Database Google Scholar Menggunakan VosViewer. (2024). In Journal Mathematics Education Sigma [JMES]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. https://doi.org/10.30596/jmes.v3i2.10583
Anggraini, D., Yunarti, Y., & Lampung, I. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8.
Ariadila, S. N., Silalahi, Y. F. N., Fadiyah, F. H., Jamaluddin, U., & Setiawan, S. (2023). Analisis Pentingnya Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 664–669.
Armiati, A., Subhan, M., Nasution, M. L., Aziz, S. Al, Rani, M. M., Rifandi, R., & Harisman, Y. (2020). Profesionalisme Guru dalam Membuat Soal Higher Order Thinking Skills. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 75. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2587
Asmarani, D., & Madayani, N. S. (2018). Pengembangan Buku Teks Pembelajaran Matematika Berbasis IT Berbahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kalkulus Mahasiswa TMT IAIN Tulungagung. In Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 6, Issue 1, pp. 67–76). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.453
Asmarani, D., & Sholihah, U. (2018). Karakteristik Metakognisi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Dan De Corte. In Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 4, Issue 1, pp. 59–72). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.252
Azid, A., Zamnah, L. N., & Solihah, S. (2023). Abdul Azid1, Lala Nailah Zamnah2 , dan Sri Solihah3 1,2,3. 3(1), 7–10.
Azizah, N. L. (2019). Buku ajar mata kuliah kalkulus. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-602-5914-63-8
Azizah, T., Fauzan, A., & Harisman, Y. (2022). “Flipped Classroom Type Peer Instruction-Based Learning” Based on A Website To Improve Student’s Problem Solving. Infinity Journal, 11(2), 325–348. https://doi.org/10.22460/infinity.v11i2.p325-348
Azmi, M. P. (2016). Penerapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (Cra) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMP. In Jurnal Pengajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 21, Issue 1, pp. 14–18). Faculty of Mathematics and Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v21i1.36249
Chania, A. P., & Harisman, Y. (2024a). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Permasalahan Terkait Duplikasi, Triseksi, dan Kuadratus. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8, 81–98.
Chania, A. P., & Harisman, Y. (2024b). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Permasalahan Terkait Duplikasi, Triseksi, dan Kuadratus. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8.
Dewi, R. P., & Hidayah, S. N. (2019). Metode Study Kasus. Skripsi, 19.
Fauzan, A., Harisman, Y., & Arini. (2019). Analysis of students’ strategies in solving multiplication problems. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(10), 568–573.
Fauzan, A., Harisman, Y., Yerizon, Suherman, Tasman, F., Nisa, S., Sumarwati, Hafizatunnisa, & Syaputra, H. (2024). Realistic Mathematics Education (RME) to Improve Literacy and Numeracy Skills of Elementary School Students Based on Teachers’ Experience. Infinity Journal, 13(2), 301–316. https://doi.org/10.22460/infinity.v13i2.p301-316
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Matematika. In Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (Vol. 4, Issue 1, pp. 179–188). Universitas PGRI Banyuwangi. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Febriyanti, R. (2018). Profil Kreativitas Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Temperamen. In Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 2, Issue 2, pp. 15–28). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.109
Habinuddin, E., & Binarto, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Kalkulus Turunan Berbantuan Geogebra. In Sigma-Mu (Vol. 10, Issue 1, pp. 58–65). Politeknik Negeri Bandung. https://doi.org/10.35313/sigmamu.v10i1.1688
Hafiz, A., Yunita, A., Lovia, L., Jln, S. B., Callun, G., City, P., & Sumatra, W. (2023). Analysis of Students’ Ability to Understand Mathematical Concepts in The Material Relations and Functions. Rangkiang Mathematics Journal, 2(2), 2023.
Hamdani, M., Puspitasari, S. R., & Sasalia S, P. (2024). Pemahaman Konsep Geometri Dasar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Anterior Jurnal, 23(2), 148–152. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i2.5954
Harisman, Y., Amam, A., & Bakar, M. T. (2020). Newman’S Error Analysis Terhadap Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Logika Dan Himpunan. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 223. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3681
Harisman, Y., Arfah, A., Harun, L., & Habibah, M. (2023). Kategori Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Memecahkan Masalah Duplikasi Kubus Zaman Thales-Euclid. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 290. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8148
Harisman, Y., Dwina, F., Nasution, M. L., Amiruddin, M. H., & Syaputra, H. (2023). The Development of Proton-Electron Math E-Comic to Improve Special Needs Students’ Mathematical Concepts Understanding. Infinity Journal, 12(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v12i2.p359-376
Harisman, Y., Mayani, D. E., Armiati, Syaputra, H., & Amiruddin, M. H. (2023). Analysis of Student’s Ability to Solve Mathematical Literacy Problems in Junior High Schools in The City Area. Infinity Journal, 12(1), 55–68. https://doi.org/10.22460/infinity.v12i1.p55-68
Harisman, Y., Noto, M. S., & Hidayat, W. (2021). Investigation of Students’ Behavior in Mathematical Problem Solving. Infinity Journal, 10(2), 235–258. https://doi.org/10.22460/infinity.v10i2.p235-258
Harisman, Y., Putri, M. D., Harun, L., Bakar, M. T., & Amam, A. (2023). Eksplorasi Pengetahuan Mahasiswa Calon Guru tentang Perkembangan Matematika Babilonia. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 141. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7748
Hayati, L., & Romdhini, M. U. (2012). Kalkulus Diferensial dan Integral oleh Fermat. In Jurnal Pijar Mipa (Vol. 7, Issue 1). Universitas Mataram. https://doi.org/10.29303/jpm.v7i1.91
Khairudin, K. (2020). Kemampuan Awal Kalkulus Mahasiswa Pendidikan Matematika. In Edukasi: Jurnal Pendidikan (Vol. 18, Issue 1, p. 50). LPPM IKIP PGRI Pontianak. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1679
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021a). Kemampuan Literasi Matematis Siswa :Sebuah Studi Literatur. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 24–30. https://doi.org/10.21137/edumatic.v2i01.468
Kurniawan, R., & Djidu, H. (2021b). Kemampuan Literasi Matematis Siswa :Sebuah Studi Literatur. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(01), 24–30. https://doi.org/10.21137/edumatic.v2i01.468
Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika [The importance of mathematical reasoning in improving mathematical literacy skills]. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.
Malik, R., & Bakhri, S. (2023). Kalkulus 1. Center for Open Science. https://doi.org/10.31219/osf.io/utjnv
Matondang, K., Saragih, R. M. B., & Daulay, L. A. (2023a). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595
Matondang, K., Saragih, R. M. B., & Daulay, L. A. (2023b). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 142–148. https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.595
Meilasari, V., & Khotimah, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Geogebra pada Matakuliah Kalkulus Integral Lipat. In SIGMA (Vol. 8, Issue 1, p. 1). Universitas Madura. https://doi.org/10.36513/sigma.v8i1.1533
Mesir, P. M., Rolle, T., & Ibn, I. (2024). Kalkulus. 1–14.
Miftahul Jannah, & Miftahul Hayati. (2024). Pentingnya kemampuan literasi matematika dalam pembelajaran matematika. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.416
Musdi, E., As’ari, A. R., Harisman, Y., Syaputra, H., & Hevardani, K. A. (2024). Student’s creative thinking based on study level, learning style, gender, and combination of the three. International Journal of Evaluation and Research in Education , 13(3), 1591–1601. https://doi.org/10.11591/ijere.v13i3.27936
Mutakin, T. Z. (2015a). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. In Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (Vol. 3, Issue 1). Universitas Indraprasta PGRI. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.113
Mutakin, T. Z. (2015b). Analisis Kesulitan Belajar Kalkulus 1 Mahasiswa Teknik Informatika. In Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA (Vol. 3, Issue 1). Universitas Indraprasta PGRI. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i1.113
N, E. S., & Masruroh, F. (2018). Proses Berpikir Mahasiswa Dengan Gaya Belajar Visual Dalam Mengajukan Soal Matematikatipe Post Solution Posing. In Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 2, Issue 2, pp. 29–46). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i2.110
Noto, M. S., Hasril Amiruddin, M., Maemunah, S., Bakar, M. T., & Sumarni, P. (2023). Students’ Mathematical Logical Thinking in Terms of Learning Style. Rangkiang Mathematics Journal, 2(1), 2023.
Nur Dina Meylaila Khasanah, & Febriana, R. (2024). Filosofi Kalkulus dalam Sejarah Matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 6(1), 43–51. https://doi.org/10.32585/absis.v6i1.4902
Nurfitriyani, M. (2015). Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Kalkulus. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3), 219–226. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.157
Rejeki, S. (2017). Kontribusi Kemampuan Kalkulus I dan Kalkulus II terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Analisis Vektor. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 3, Issue 1, p. 1). IAIN Antasari. https://doi.org/10.18592/jpm.v3i1.1178
Rejeki, S., & Setyaningsih, R. (2016). Kontribusi Kemampuan Kalkulus Differensial dan Kalkulus Integral terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Persamaan Differensial. In JIPMat (Vol. 1, Issue 1). Universitas PGRI Semarang. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i1.1084
Richter, K. (2015). Wikipedia als Objekt der Nationalismusforschung – das Beispiel der Stadt Vilnius/Wilno. In Wikipedia und Geschichtswissenschaft. DE GRUYTER. https://doi.org/10.1515/9783110376357-011
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Saparwadi, L. (2018). Kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam memahami konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan menggunakan Maple. In UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (Vol. 6, Issue 2). Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2630
Style, L., Cahyani, F. S., & Misu, L. (2023). Jurnal Amal Pendidikan. 4(1), 43–56.
Sumarni, P., Suharti, E., & Sovia, A. (2023). Material Teach Differentiated Style Study for Increase Mathematical Problem Solving Abilities. Rangkiang Mathematics Journal, 2(2), 2023.
Thalhah, S. Z. (2018). Profil Kemampuan Mahasiswa Tadris Matematika dalam Memecahkan Masalah Program Linear Ditinjau dari Perbedaan Tingkat Kemampuan Prasyarat dan Gaya Kognitif Fiel Dependent. In Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (Vol. 6, Issue 1, pp. 29–46). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.397
Wekke Suardi, I. dkk. (2019). Metode Penelitan Sosial. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.
Wiriani, W. T. (2021). Sejarah Serta Perkembangan Matematika dalam Dunia Pendidikan. Dunia Ilmu, 1(2), 1–7.
Yanuar, M. (2023). Perbedaan Kemampuan Kalkulus dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Kalkulus Berdasarkan Gender. In Linear : Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 1, pp. 1–7). Universitas Tompotika Luwuk. https://doi.org/10.53090/jlinear.v7i1.406
Zananti, S., Wafiqoh, R., & Vebrian, R. (2023). The Development of Mathematical Problems in the Context of the Bangka Belitung Traditional House to Train Students’ Mathematical Communication Skills. Rangkiang Mathematics Journal, 2(1), 2023.