Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing dengan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS) di SMA Negeri 27 Jakarta

Authors

  • Yuvita Azzahra Universitas Negeri Jakarta
  • Pinta Deniyanti Sampoerno Universitas Negeri Jakarta
  • Flavia Aurelia Hidajat Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.091.07

Keywords:

Problem Posing, Search Solve Create and Share, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas dua model pembelajaran, yaitu Problem Posing dan Search Solve Create and Share (SSCS) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi-experiment dengan desain post-test only group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan Cluster Random Sampling. Siswa kelas XII-1 dan XII-2 di SMA Negeri 27 Jakarta sebagai sampel penelitian. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa diukur dengan instrumen tes berbentuk lima soal uraian pada materi statistika yang telah valid dan reliabel. Instrumen tersebut dinyatakan valid melalui uji validitas isi, konstruk, dan empris. Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan rumus Alpa Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,647 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05 didapat bahwa nilai t_hitung=2,018 dan t_tabel=1,667, maka H_0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan dengan model Problem Posing lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan model SSCS di SMAN 27 Jakarta.

References

Asyafah, A. (2019). Menimbang model pembelajaran (kajian teoretis-kritis atas model pembelajaran dalam pendidikan islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 2599–2481. http://ejournal.upi.edu/index.php/tarbawy/index

Erlistiani, M., Syachruroji, A., & Andriana, E. (2020). Penerapan model pembelajaran SSCS (search, solve, create and share) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 13(2), 161–168.

Erlita, E., & Hakim, D. L. (2022). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal segiempat berdasarkan kemampuan berpikir kritis matematis. Jurnal Educatio , 8(4), 1342–1350. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3513

Faidah, S., Nafiah, N., Ibrahim, M., & Akhwani, A. (2022). Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran problem posing. Jurnal Basicedu, 6(3), 3213–3221. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2573

Fernando, J., Basri, M., & Arif, S. (2019). Perbandingan hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem posing dengan problem solving pelajaran sejarah. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah).

Hanifatulianti, F. I., & Sumitro, N. K. (2023). Analisis kemampuan berfikir kritis siswa dalam memecahkan masalah pada materi statistika. Jurnal of Millenial Education, 2(2), 133–146. https://journal.mudaberkarya.id/index.php/JoME

Hapsari, N. A., Salsabila, E., & Meidianingsih, Q. (2023). Pengaruh model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik SMP Negeri 15 Kota Tangerang Selatan. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 7(2), 42–51.

Herlawan. (2019). Efektivitas model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VII SMP Negeri 9 Buton Tengah. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 5(2), 112–118. https://www.ejournal.lppmunidayan.ac.id

Jusman, J. (2021). Penerapan model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(2), 401–409. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8259

Kasri, K. (2018). Peningkatan prestasi belajar matematika melalui media puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 2(3), 320. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v2i3.69

Mutiah, Salsabila, E., & Dhianti Haeruman, L. (2024). Pengaruh model pembelajaran guided discovery learning berbantuan LKPD terstruktur terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa SMA Negeri 30 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 8(2), 55–62.

Samosir, K. (2022). Penerapan model kooperatif problem posing dalam meningkatkan aktifitas dan hasil belajar bahasa indonesia siswa SMA Negeri 5 Tebo. PAEDAGOGY: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 2(1), 45–50.

Surat, I. M. (2016). Pembentukan karakter dan kemampuan berpikir logis siswa melalui pembelajaran matematika berbasis saintifik. Jurnal EMASAINS, V(1), 57–65.

Suryani, T., & Haryadi, R. (2022). Analisis kemampuan berpikir kritis pada materi statistika siswa kelas VIII MTS Assalam Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 4(1), 345–364.

Yahya, I. S., & Sanapiah. (2016). Pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP. J-MPM, 4(2), 2338–3836.

Downloads

Published

2025-03-07