Model Pembelajaran Osborn dan Pendekatan Kontekstual terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah: Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.091.05Keywords:
Model Pembelajaran Osbron, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemecahan Masalah, Sistematic Literatur Review, PRISMAAbstract
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Osborn, peran pendekatan kontekstual, serta peluang integrasi kedua pendekatan tersebut dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Studi ini dilakukan menggunakan metode systematic literature review dengan protokol PRISMA. Data diperoleh dari 50 artikel yang diidentifikasi melalui database Google Scholar, Scopus, Sinta, dan jurnal lainnya pada rentang waktu 2016–2023. Setelah proses skrining, inklusi, dan eksklusi, terdapat 12 artikel yang sesuai, terdiri atas 4 artikel terkait model Osborn dan 8 artikel terkait pendekatan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Osborn efektif dalam melatih siswa untuk berpikir kreatif melalui langkah-langkah seperti identifikasi masalah, pengumpulan informasi, dan evaluasi solusi. Sementara itu, pendekatan kontekstual membantu siswa memahami relevansi materi dengan situasi nyata, sehingga meningkatkan kemampuan mereka dalam menerapkan solusi. Namun, tidak ditemukan artikel yang secara khusus membahas integrasi kedua pendekatan tersebut, sehingga peluang kombinasi ini perlu dieksplorasi lebih lanjut. Integrasi model Osborn dengan pendekatan kontekstual berpotensi menciptakan pembelajaran yang lebih relevan, kreatif, dan aplikatif, yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa secara holistik. Penelitian ini memberi pandangan teoretis dan praktis bagi pengajar dalam menyiapkan strategi pembelajaran inovatif yang mendukung pengembangan kemampuan siswa menghadapi tantangan dunia nyata.
References
Adolph, R. (2024). Peran Tenaga Pendidik Dalam Pembelajaran di Era Digital. SHEs: Conference Series 7, 7(3), 1–23.
Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112
Ariyadinata, M. A., & Fasya, O. (2020). Strategi Pembelajaran PAI. ANalysis, 2(1), 204–213.
Aura Yolanda, Masnur Sihotang, Joner Alfin Zebua, Mita Hutasoit, & Yeni Lupitasari Sinaga. (2024). Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 2(3), 301–308. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v2i3.941
Azhar, M., Ubm, A., Syah, N. I., & Maharani, W. F. (2024). Pengaruh Discovery Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Learning dalam pendidikan matematika sekolah dasar , mengevaluasi efektivitas penelitian ini . Membaca beberapa publikasi artike. Pendagogia, 4, 132–140. https://jurnal.educ3.org/index.php/pendagogia
Azhar, M., & Wahyudi, H. (2024). Motivasi Belajar: Kunci Pengembangan Karakter dan Keterampilan Siswa Muhammad. Uluwwul Himmah Education Research Journal, 1(1), 1–15. https://irbijournal.com/index.php/uherj/index
Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/12179/9379
Daud, R. M. (2021). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 5(1). https://doi.org/10.33578/pjr.v5i1.8284
Dewi, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Lving Berbasis Pembelajaran Kontekstual Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (KSP). Skripsi, 9, 356–363.
Emilia, Damiri, D. S., & Prayogi, F. (2021). Upaya Peningkatan Kreatifitas Belajar Siswa Melalui Teknik Brainstorming Dengan Pendekatan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII Smp Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Konseling, 3(2), 40–46.
Fahman, Z. (2024). Social Studies in Education Transformasi Sosial dalam Pendidikan Karakter di Era Digital : Peluang dan Tantangan. Social Studies in Education, 02(02), 191–206. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15642/sse.2024.2.1.191-206
Fatmawati. (2022). Kreativitas dan Intelegensi Fatmawati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 189. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6562
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241–3250. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1471
Hanan, M. P., & Alim, J. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Pada Materi Geometri. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–66. https://doi.org/10.58917/ijme.v2i2.64
Indryani, I., & Suwanto, S. (2020). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Pada Materi Peluang Kelas Xi Sma Negeri 21 Medan. Journal of Didactic Mathematics, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.34007/jdm.v1i1.146
Kurniawati, I., Sofiasyari, I., & Guntur, M. (2023). Efektivitas Handout dengan Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Widya Accarya, 14(2), 194–198. https://doi.org/10.46650/wa.14.2.1468.194-198
Lanya, H., Zayyadi, M., Syahroni, A. W., Rifanda, A. R., & Patricia, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Osborn Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pesantren di Kabupaten Pamekasan. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung, 25–34. https://ocs.machung.ac.id/index.php/senam/article/view/264%0A
Lestari, I., & Andinny, Y. (2023). Model Pembelajaran Kontekstual Ditinjau Dari Kecerdasan Visual Spasial. JI-MR, 4(2), 297–304. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/index
Listiono, A. E., Tukiman, & Dilisti. (2025). Analisis Kualitas Pembelajaran Yang Dicapai Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Base Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengelolaan Dan Teknik Laboratorium IPA Analysis Of The Quality Of Learning Achieved T. Multidisciplinary Research, 1(2), 85–92. https://doi.org/https://doi.org/10.70963/jmr.v1i2
Mailani, E., Rarastika, N., Manurung, H. O., Gaol, R. L., Sihombing, I. I., & Perbina, S. D. (2024). Analisis Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar dalam Konsep Luas dan Keliling Persegi serta Persegi Panjang. JTPP, 02(02), 749–755. https://jurnal.kopusindo.com/index.php/jtpp/index
Mardiati, M., Wirevenska, I., & Zulhayana, S. (2021). Pengaruh Penerapan Model Core Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sma. Jurnal Serunai Matematika, 12(2), 91–98. https://doi.org/10.37755/jsm.v12i2.311
Masyitoh, A., Aulia, C., & Gusmaneli. (2024). Peran Guru dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Aktif di Kelas Dasar. JERD, 01(02), 89–95. https://jurnal.globalscients.com/index.php/jerd
Matondang, K., Matondang, A. R., & Saragih, R. M. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–73. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.72
Mauliddiyah, N. L. (2021). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Literasi Lingkungan Peserta Didik Kelas X Pada Mata Pelajaran Biologi. Skripsi, 6.
Melasevix, E., Asnawi, H. A., Alami, J. J. N., Masynuah, I. H., Putra, R. A. N., & Darmadi, D. (2021). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di MTs Ma’arif Bandar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 117–121. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i2.1828
Mendrofa, R. N., Fauzi, K. M. A., & Sitompul, P. (2024). Eksplorasi Keterkaitan antara Kearifan Lokal dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(June), 601–611. https://doi.org/https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1693
Muis, A., Napitu, U., & Saragih, H. (2023). Pembelajaran Pelajaran Sejarah Menjadi Bermakna Dengan Pendekatan Kontektual. Journal on Education, 5(4), 13484–13497. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2356
Muslihah, N. N., & Suryaningrat, E. F. (2021). Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 553–564. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i3.963
Noor, N. M., Purwosetiyono, F. D., & Wardani, B. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Kontekstual terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 136–148. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.481
Nur, & Harahap, H. (2019). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Manbarumun Tengah. Mathematic Education Journal)MathEdu, 2(1). http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Nurafifah, L., Nurlaelah, E., & Usdayana, D. (2016). Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mathline, 1(2), 93–102. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.21
Nurjannah, S., S., A., & Husniati, A. (2023). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V Gugus SDN 29 Campagaloe. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1869–1876. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1634
Oktafia, N., Latifah, A. M., Dafa, A., & Haris, E. (2024). Mahasiswa dan AI : Transformasi Cara Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah di Era Digital. Senja KKN #5, 10–33.
Oktavianti, S., Farida, F., & Putra, F. G. (2018). Implementasi Model Osborn Dengan Teknik Mnemonic Melalui Teori Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. MaPan, 6(1), 94–103. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a9
Puspitasari, I. (2024). Analisis Pembelaaran Kimia Berbasis Generative Learning Dalam Kurikulum Merdeka Studi Kasus di SMAN 9 Kota Tangerang Selatan. Skripsi, 15(1), 37–48.
Qaroena, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Osbron Siswa SMP/Mts. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Rahayu, S. I., & Abbas, N. (2023). Analisis Efektivitas Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Sragen. Bulletin of Community Engagement, 3(2), 2019–2024. https://attractivejournal.com/index.php/bce/
Rohani. (2024). Penggunaan Teknologi Digital dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam : Tantangan dan Peluang. Guau, 1(3). http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Sabri, S., Umar Kholil, & Marzuki Ahmad. (2023). Validitas Buku Ajar dengan Pendekatan Kontekstual dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1043–1056. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6629
Sari, F. F., Ariawan, I. P. W., Adnyana, I. P. B., & Tika, I. N. (2024). Integrasi Filsafat Pendidikan dan Teori Pendidikan dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual. JPPI, 4, 1844–1853. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.1169
Setyawati, A., Rosyidah, U., & Astuti, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Model Quantum Learning Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 313–319. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1869
Siregar, N. F. (2021). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1919–1927. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.635
Siregar, S. D., Zhafira, Z., & Riandi, R. (2024). Inovasi Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Teknologi pada Materi Perubahan Lingkungan. Biodik, 10(2), 101–110. https://doi.org/10.22437/biodik.v10i2.32890
Siregar, Y. P., Simamora, E., & Rajagukguk, W. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2048–2063.
Sukri, M., Rohimah, I., Ardianto, D., & Arifin, M. Z. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Argument-Driven Inquiry Terhadap Kemampuan Argumentasi Ilmiah dan Berpikir Kritis Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 272–287.
Tama, B. J. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Osborn Teknik Brainstorming dan Pembelajaran Konvensional. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 202–208. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/854
Tanjung, R. M. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Jabodetabek : Pendekatan Systematic Literature Review. 3(1), 204–216. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jis.v3i1.1099
Taufiqurrahman, M. (2023). Pembelajaran Abad 21 Berbasis Kompetensi 4C di Perguruan Tinggi. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 78–90. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.441.78-90
Tuarita, A. S., Molle, J. S., & Palinussa, A. L. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Spldv Di Kelas Viii Smp Negeri 15 Ambon. Science Map Journal, 1(2), 60–64. https://doi.org/10.30598/jmsvol1issue2pp60-64
Wendayani, Ratnaningsih, N., & Muhtadi, D. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Osborn Untuk Menggali Kemampuan Berpikir Lateral Matematik Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathemtics Education, 1(2), 112–123. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/782
Yani, W. F., Muhandaz, R., & Fitri, I. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Osborn terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Pengetahuan Awal Matematis Siswa SMA. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 053. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9114
Yanti, S. (2024). Pengembangan Materi Ajar Matematika Berbasis Konteks Lingkungan Sekitar. JRPP (Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran), 7(3), 11111–11115. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp
Yulandari, Sukasno, & Rosalina, E. (2020). Pemecahan Masalah Matematika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Brainstorming. Jurnal MATH-UMB.EDU, 7(2), 43–50.
Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Prisma, 9(1), 98. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899