Pengaruh Model Pembelajaran SiMaYang Berbantuan LKPD Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik SMA Negeri 30 Jakarta

Authors

  • Kisworowati Universitas Negeri Jakarta
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta
  • Anny Sovia Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/jrpms.091.06

Keywords:

LKPD Interaktif, Model Pembelajaran SiMaYang, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan pemahaman konsep peserta didik dipengaruhi oleh model SiMaYang berbantuan LKPD interaktif. Penelitian ini mengunakan desain post-test only control group dan penelitian eksperimen semu. Teknik cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel, hal ini menyebabkan penggunaan siswa SMA Negeri 30 Jakarta kelas X-1 dan X-2 sebagai subjek penelitian. Tujuh soal uraian yang berkaitan dengan materi barisan dan deret yang telah terbukti valid dan reliabel membentuk instrumen tes. Hasil analisis hipotesis diperoleh melalui uji-t’ dengan tingkat signifikansi α=0,05, menunjukkan bahwa nilai 〖t'〗_hitung=3,8405 ≥ 〖t'〗_tabel=0,0632. Hasil penelitian menunjukkan penolakan hipotesis nol, yang mengindikasikan bahwa peserta didik yang menggunakan model SiMaYang memilki rata-rata pemahaman konsep yang secara signifikan lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar dengan metode konvensional. Penerapan model pembelajaran SiMaYang berbantuan LKPD interaktif berpengaruh pada kemampuan pemahaman konsep. Dengan persentase sebesar 82%, nilai Cohen’s effect size yang diperoleh sebesar 0,9159 masuk ke dalam kategori tinggi.

References

Chotimah, S., Sari, I. P., & Zanthy, L. S. (2020). Pelatihan Cara Menanamkan Konsep Matematika Untuk Anak SD dengan Menggunakan Media Alat Peraga Pada Guru SD. Abdimas Siliwangi, 03(01), 157–172. https://doi.org/10.22460/as.v3i1p%25p.3569

Dwi Putri, G., Cesaria, A., & Yuliana Fitri, D. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Barisan dan Deret. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 143–157. https://wizer.me

Fadia, S., & Fitri, N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Fadila, A., Kurniawan, E., & Mujib. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis: Pengauh Model Pembelajaran MURDER Berbantuan Ice Creaking Ditinjau Pada Minat Belajar Siswa. Jurnal Cartesian, 02(02), 104–111.

Fatmasari, E. D., & Cholily, Y. M. (2023). Pemanfaatan Liveworksheet Education sebagai Media Peningkatan Partisipasi Keaktifan dan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V melalui PBL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(01).

Fricticarani, A., Hayati, A., Hoirunisa, I., & Mutiara Rosdalina, G. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173

Izzati, A. Y., Sanapiah, S., & Juliangkary, E. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Quiz Team untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 105–112. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.432

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 229–235.

Legista, A., Shofia, H., Pasaribu, M. B., Agustina, M. D., & Juin, N. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas X SMK Adi Luhur. Jurnal Matematika Dan Ilmu Pengelatuan Alam, 2(1), 349–360. https://doi.org/10.59581/konstanta.v2i1.2466

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18.

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Nizamul ’Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 07(1).

Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.27

Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi: Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Media Akademi.

Thahir, M., & Amir Mz, Z. (2019). Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching Pada Siswa Kelas X MAN Kuala Enok. Instructional Development Journal (IDJ, 2, 1–5.

Wulandari, D. (2022). Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Aksioma Ad-Diniyyah : The Indonesian Journal of Islamic Studies, 10(1).

Yusuf, C. F. (2008). Budaya Sekolah dan Mutu Pendidikan. Pena Citrasatria.

Downloads

Published

2025-03-05