Analisis Learning Obstacle Konsep Volume Tabung dan Kerucut Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.091.09Keywords:
Learning Obstacle, Volume Tabung dan KerucutAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hambatan belajar yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada volume tabung dan kerucut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Proses pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP AL-Mumtaz Pontianak yang berjumlah 26 orang. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes diagnostik, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui proses menganalisis data yang telah dikumpulkan, kemudian menarik kesimpulan. Tahapan dalam penelitian ini adalah 1) melakukan tes diagnostik, 2) menganalisis jawaban siswa untuk mengidentifikasi hambatan belajar, 3) wawancara dengan siswa, 4) wawancara dengan guru. Hasil penelitian ini ditemukan: penyelesaian soal tanpa menyebut informasi yang tersedia dan diminta bisa disebabkan oleh ontogenic psychological, ketidaktahuan siswa terhadap rumus yang diperlukan bisa disebabkan oleh ontogenic concept, mampu mengidentifikasi informasi soal tetapi salah menerapkan langkah-langkah bisa disebabkan oleh epistemological concept, kesalahan dalam memasukkan angka, perhitungan, dan penyelesaian soal bisa disebabkan oleh epistemological procedure, kesalahan akibat keterbatasan siswa dalam perhitungan bisa disebabkan oleh epistemological operational technique, pendekatan guru yang terlalu prosedural tanpa menyesuaikan kendala siswa dapat menyebabkan didactical obstacle. Hasil wawancara terhadap 26 siswa mengungkapkan bahwa: 1) soal-soal yang disampaikan peneliti tidak pernah diberikan oleh guru, 2) siswa belum memahami sepenuhnya konsep volume silinder dan kerucut, 3) kesalahan konseptual dalam memilih prosedur penyelesaian soal. masalah.
References
Abouelenein, Y. A. M., & Nagy Elmaadaway, M. A. (2023). Impact of Teaching a Neuro Computerized Course Through VLE to Develop Computational Thinking Among Mathematics Pre-service Teachers. Journal of Educational Computing Research, 61(6), 1175-1206.
Widodo, S. A, Wijayanti, A., Irfan, M., Pusporini, W., Mariah, S., Rochmiyati, S. (2023). Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies. Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies. International jurnal of educational methodology, 9(1), 151-167.
Adiwinata, R., Masykur, R., Putra, R, W, Y. (2018). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Agustini, W. A., Fitriani, N., (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMP Pada Materi Bangun Ruang sisi lengkung. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 91-96.
Aisyah, A,P., Prabandari, A, R., Natalia, E., Rahmadhani, N, Susanti, E., Meryansumayeka., Zulkardi., Yukans, S, S. (2024). Pengembangan Alat Peraga Prolucc Pada Materi Volume Tabung Dan Kerucut. Jurnal Borobudur Educational Review, 4 (1), 50-60.
Creswell, John R. (2016). Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. IV. Pustaka Pelaja, Yogyakarta.
Fauziyyah, R, F., Rohaeti, E, E., Amelia, R. (2024). Learning Obstacle Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 7(4), 637-644.
Gulvara, M, A., Suryadi, D., Islamiyah, W. (2023). Learning Obstacle Dalam Soal Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2327-2337.
Habibah, U., Santika, R., Setiono, P., Yuliantini, N., Wurdjinem. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa SD dalam pembelajaran matematika secara daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 1-6.
Herlina, L. (2022). Efektifitas Model Project Based Learning Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 2(4), 462-476.
Hidayatullah, S., Purwanti, H., Budiargo, P. (2024). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Statistika Di Kelas X SMAN 5 Semarang. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 3(2), 265-275.
Horiyomurti, B., Prabawanto, S., Jupri, A., (2020). Learning Obstacle Siswa Dalam Pembelajaran Barisan Dan Deret Aritmatika. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning, 3(3), 283-292.
Jamilah., Priskila., Oktaviana, D. (2024). Didactical Design To Overcome Learning Obstacles In Cuboid Volume. Jurnal Elemen, 10(2), 324-340.
Lutfi, M.K., Juandi, D., Jupri, A. (2021). Students Ontogenic Obstacle On The Topic Of Triangle And Quadrilateral. Journal Of Physics: Conference Series, 1806(1), 1-6.
Maharani, R, D., Dasari, D., Nurlaelah, E. (2022). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 3201-3213.
Andri, M.Pd, A., Rini, N., Parida, L. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 295-306.
Nuban, A., Sugianto, S., Asep, N. (2020). Hambatan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Pangkat Berdasarkan Kriteria Kesalahan Watson Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1(1), 1-12.
Parwati, A., Ramadianti, W., Asmara, A. (2024). Desain Didaktis Konsep Invers Fungsi Komposisi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 8(2), 1-8.
Pebriyanti, G.W., Dkk. (2017). Profil Hambatan Belajar Epistemologis Siswa Pada Materi Asas Bernoulli Kelas XI SMA Berbasis Analisis Tes Kemampuan Responden. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Jurnal), 6(1), 1-8.
Pitria, P, R., Nuraeni, E., Muharram, M, R, W. (2021). Model Pembelajaran Spade: Solusi Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Geometri di Sekolah Dasar (Tinjauan Sistematis). Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 112-124.
Prastiwi, A. A., Fuadiah, N. F., Murjainah. (2022). Learning Obstacles Materi Hubungan Antar Garis Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 5(2), 144-152.
Priskilla,. Jamilah., Oktaviana, D. (2023). Analisis Learning Obstacle Siswa SMP pada Materi Volume Kubus dan Balok. Journal Of Comprehensive Science, 2(6), 1656-1663.
Ramli., Sufyani, P., (2020). Kesalahan Dan Learnig Obstacle Dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis. Juring Journal For Research In Mathematics Learning, 3(3), 233-246.
Risky, S, N., Meiliasari., Hakim, L, E. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Newman pada Materi Program Linier Kelas XI di SMA Negeri 100 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 6(1), 21-36.
Sa’adah, L. (2022). Hambatan Belajar Terkait Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Model Flipped Classroom Pada Materi Penyajian Data. Thesis. Semarang: UNISSULA.
Solin, T. A., Fitria, N., Fatimah Sitorus, S., Kartika Ayu Angkat, D., (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung. Relevan: Jurnal Pendidikan., 3(4), 458-465.
Sugiyono. (2018). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sucipto, L., Mauliddin. (2016). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Konsep Bilangan Real. Beta Jurnal Tadris Matematika,9(2), 197-211.
Supriatna, A., Azizah, K., Astuti, D., Stit, R., & Santang, I. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Menggambar Bentuk Bangun Ruang Di Paud Mawar VII Perumahan Peruri Telukjambe Timur. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(2), 194-208.
Tuner, D, P., (2020). Sampling Methods in Research Design. Headache: The Journal Of Head & Face Pain, 60(1), 8-12.
Wijayanti, S, P., Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Mathema Journal, 4(1), 58-66.