Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Terhadap Soal Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Indikator Pemahaman
DOI:
https://doi.org/10.21009/jrpms.032.02Keywords:
kemampuan pemahaman matematis, indikator pemahaman, persamaan garis lurusAbstract
Banyak siswa kesulitan dalam hal memahami soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan indikator pemahaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik purposive sampling yaitu pengambilan sample dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 7 soal persamaan garis lurus berdasarkan indikator pemahaman. Instrumen penelitian telah diuji cobakan kepada 10 siswa SMP yang sebelumnya sudah penah mempelajari materi persamaan garis lurus. Setelah melalui proses uji coba, prosentase siswa dalam menyelesaikan soal adalah pada soal nomor 1 (100%), soal nomor 2 (55%), nomor 3 (35%), soal nomor 4 (26,7%), soal nomor 5 (20%), soal nomor 6 (13%), soal nomor 7 (5%). Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan garis lurus berdasarkan indikator pada umumnya masih rendah. Hasil penelitian menujukkan banyaknya kesalahan siswa dalam memahami soal, siswa lemah dalam memahami konsep persamaan garis lurus, tidak menggambarkan titik koordinat dari suatu persamaan kedalam diagram cartesius, siswa tidak hafal rumus yang berkaitan dengan persamaan garis lurus, dan siswa tidak dapat membedakan rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Alternatif mengatasi lemahnya kemampuan pemahaman siswa adalah perlu bagi guru untuk dapat mengembangkan strategi pembelajaran agar siswa terlatih kemampuan pemahaman matematisnya dengan memberikan soal – soal latihan yang bervariasi kepada siswa secara kontinu.