JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms <p><span class="Apple-style-span">Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah (JRPMS) is a journal that is published by the mathematics education study program of MIPA, Jakarta State University. The manuscript published in JRPMS was the result of research in the field of school mathematics education and contributed significantly to the dissemination of knowledge in the field of mathematics education, both theory and application.</span></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> en-US wardani.rahayu@unj.ac.id (Dr. Wardani Rahayu, M.Si.) qorrymeidianingsih@unj.ac.id (Qorry Meidianingsih) Sun, 31 Mar 2024 23:58:49 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Eksplorasi Etnomatematika pada Tenun Corak Insang Melayu Pontianak https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/43889 <p>Salah satu profil pelajar pancasila yang dikembangkan dalam kurikulum merdeka (kurikulum paradigma baru) ialah berkebhinekaan global dan salah satu upaya untuk mencapai profil tersebut melalui integrasi budaya tenun corak insang melayu Pontianak dalam pembelajaran matematika. Proses integrasi tersebut memerlukan sebuah pengkajian terhadap konsep matematika dan kaitannya terhadap budaya tenun corak insang. Penelitian ini hadir dengan tujuan untuk mengeksplorasi etnomatematika pada tenun corak insang melayu Pontianak. Melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi dilakukan deskripsi terhadap hasil eksplorasi tersebut. Wawancara, observasi, dan studi dokumentasi menjadi teknik dalam pengumpulan data. Tokoh masyarakat melayu Pontianak menjadi subjek dalam penelitian ini. Setelah melalui tiga tahapan meliputi pengolahan data, analisis data, dan interpretasi, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa melalui eksplorasi tenun corak insang dapat dikonstruksi konsep dua garis sejajar dan konsep kesebangunan dan kekongruenan. Secara detail diperoleh bahwa rangkaian motif tenun corak insang tersusun atas kumpulan garis yang sejajar, dimana setiap garis memiliki gradien (nilai kemiringan) yang sama, yakni sebesar 11/4. Selanjutnya, rangkaian motif tenun corak insang juga tersusun atas bangun datar yang sebangun dan kongruen, dimana pada motif tenun corak insang setiap sisi-sisi yang bersesuaian sama panjang dan setiap sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.</p> Jamilah, Nurmaningsih Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/43889 Tue, 16 Apr 2024 17:41:00 +0700 Challenges and Adaptations in Remote Teaching: Insights from Rural Educators in Indonesia https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/43771 <p>This research focused on the experiences of rural math educators in Indonesia during the pandemic period. The study investigated the challenges encountered by math teachers with varying levels of experience in remote instruction, spanning from beginners to veterans with over 15 years of teaching experience through surveys and interviews. The study utilized a mixed-methods approach which involves combining qualitative and quantitative research methods to achieve a more comprehensive understanding of the challenges encountered by math teachers in remote settings. The findings highlighted common challenges such as poor internet connectivity, limited student access to devices, and decreased student engagement in remote lessons. Despite these challenges, rural math educators have implemented innovative strategies, utilizing diverse online platforms to enhance student participation. Additionally, this study discovered the impact of remote teaching on educators' professional growth as they adapt to new technologies and teaching methods. As schools have transitioned back to in-person learning, the insights underscored the importance of addressing digital disparities and providing educators with the necessary support to navigate future disruptions in the educational landscape.</p> Valeria Yekti Kwasaning Gusti Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/43771 Tue, 16 Apr 2024 18:33:10 +0700 Kemampuan Literasi Numerasi: Materi, Kondisi Siswa, dan Pendekatan Pembelajarannya https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/40289 <p>Literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang menjadi prasyarat dan keterampilan hidup di abad 21. Hasil PISA 2018 menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa SMP belum memenuhi standar rata-rata international. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi SMP yang berkaitan dengan komponen literasi numerasi, mengetahui kondisi kemampuan literasi numerasi siswa SMP dilihat berdasarkan indikator kemampuan literasi numerasi dan mengetahui bagaimana melatih kemampuan numerasi menggunakan <em>contextual learning</em>. Penelitian ini dilakukan dengan metode <em>Systematic Literature Review</em> (SLR). Hasil penelitian ini, yaitu 1) materi yang berkaitan dengan komponen literasi numerasi sangat beragam, diantaranya materi rasio/perbandingan, pola bilangan, persamaan linear, fungsi kuadrat, ajabar, dan geometri; 2) ditemukan beberapa siswa SMP belum memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik; 3) kemampuan literasi numerasi siswa SMP dapat ditingkatkan melalui <em>contextual learning </em>yang dibantu dengan e-modul atau media lainnya.</p> Lintang Darmastuti, Meiliasari Meiliasari, Wardani Rahayu Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/40289 Tue, 16 Apr 2024 17:31:18 +0700 Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/40141 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Kalkulus Diferensial untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ. Sebagai mata kuliah dasar, Kalkulus sangat penting untuk dipahami oleh mahasiswa didalam proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan kalkulus sangat terkait dengan mata kuliah lainnya dan merupakan pondasi untuk mempelajari mata kuliah selanjutnya, seperti&nbsp;: Persamaan Diferensial, Analisis Real, Aljabar, Statistika Matematika, maupun mata kuliah lain yang bersifat aplikasi atau terapan. Sumber belajar mata kuliah Kalkulus yang selama ini digunakan di lingkungan Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ adalah buku teks Kalkulus yang beredar di pasaran. Isinya sangat umum, sehingga dosen perlu memilah kembali materi-materi apa saja yang harus diberikan agar sesuai dengan capaian pembelajaran yang ditetapkan. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk mengembangkan bahan ajar mata kuliah Kalkulus untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ. Penyusunan bahan ajar tersebut akan diselaraskan dengan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNJ. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&amp;D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian dan pengembangan modifikasi dari model 4D (<em>Define–Design–Develop–Disseminate)</em>.</p> Mimi Nur Hajizah, Ellis Salsabila Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/40141 Tue, 16 Apr 2024 17:24:16 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri 4 Tangerang https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/42973 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model flipped classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment tipe posttest-only control group design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan cluster random sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII.9 dan VIII.10 di SMP Negeri 4 Tangerang. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan penalaran matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) berjumlah 5 soal uraian yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α=0,05, diperoleh bahwa t_hitung=2,014, sementara t_tabel=1,668 sehingga t_hitung&gt;t_tabel, maka H_0 ditolak. Besar pengaruh diuji menggunakan Cohen’s Effect Size dan diperoleh nilai d sebesar 0,5. Nilai tersebut termasuk ke dalam kategori medium atau sedang dengan besar persentase 69%. Berdasarkan hasil perhitungan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran model flipped classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP Negeri 4 Tangerang.</p> Nurafni Oktaviani, Fariani Hermin Indiyah, Tian Abdul Aziz Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/42973 Tue, 16 Apr 2024 17:59:29 +0700 Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/40100 <p>Kemampuan dalam menyelesaikan masalah adalah keahlian individu dalam melakukan analisis, prediksi, penalaran, evaluasi, dan refleksi dengan memanfaatkan pengetahuan sebelumnya untuk mengatasi tantangan yang dihadapi demi mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika di tingkat pendidikan dasar, menengah, dan menengah atas yang dilakukan antara tahun 2016 hingga 2023. Penelitian ini menggunakan metode <em>Systematic Literature Review (SLR)</em> terhadap semua artikel hasil penelitian kualitatif atau kuantitatif yang terindeks dalam Google Scholar, Sinta, dan Scopus. Strategi pencarian artikel disesuaikan dengan kriteria inklusi dan mengikuti protokol PRISMA sebagai pedoman instrumen penelitian. Dari hasil pencarian, ditemukan 16 artikel yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah merupakan elemen penting dalam kurikulum pembelajaran matematika untuk memungkinkan siswa mengatasi masalah, memperoleh pengalaman, dan menggunakan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki dalam konteks kehidupan sehari-hari. Salah satu model atau strategi yang sering digunakan dalam pembelajaran matematika adalah Model Pemecahan Masalah Polya. Model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah (<em>Problem Based Learning</em>), karena model ini menyediakan lima langkah yang dapat membimbing siswa dalam memecahkan masalah, yaitu: (1) mengorientasikan siswa pada masalah, (2) mengorganisir siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan individu dan kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah.</p> Eko Siswanto, Meiliasari Meiliasari Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/40100 Tue, 16 Apr 2024 18:12:18 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran CORE dengan Pendekatan Scientific terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis SMP Paramarta Unggulan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/42714 <p>Kemampuan penting yang harus dimiliki siswa salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan tersebut dapat ditingkatkan melalui penerapan model dan pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satu model dan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa adalah model pembelajaran CORE dengan pendekatan <em>scientific</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE dengan pendekatan <em>scientific</em> terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode <em>quasi experiment</em> dan desain penelitiannya yaitu <em>Posttest Only</em> <em>Control Group Desain</em>. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik <em>cluster random sampling</em>. Kelas yang terpilih sebagai sampel yaitu kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Paramarta Unggulan. Instrumen penelitian terdiri dari 4 soal tes kemampuan berpikir kritis matematis yang berbentuk uraian pada materi fungsi linear. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis-t, dan uji besar pengaruh. Berdasarkan uji hipotesis-t diperoleh &nbsp;dan &nbsp;sehingga nilai &nbsp;maka &nbsp;ditolak. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran CORE dengan pendekatan <em>scientific</em> memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil perhitungan menggunakan uji <em>Cohen’s Effect Size</em> menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE dengan pendekatan <em>scientific </em>memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa sebesar 69%.</p> Herlina Nofita, Dwi Antari Wijayanti, Vera Maya Santi Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/42714 Tue, 16 Apr 2024 18:24:29 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbasis Desmos Activity Builder dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 43 Jakarta https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/44064 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran <em>online</em> berbasis <em>Desmos Activity Builder</em> dengan pendekatan kontekstual sebagai media pembelajaran yang interaktif untuk siswa Kelas VIII SMP Negeri 43 Jakarta pada materi Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 43 Jakarta. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2021 sampai dengan Agustus 2023, mulai dari melakukan analisis kebutuhan hingga menghasilkan produk media pembelajaran final. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode penelitian dan pengembangan atau <em>Research and Development</em> (<em>R&amp;D</em>). Konsep model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu <em>analyze, design, development, implementation </em>dan<em> evaluation</em>. Penelitian ini telah menghasilkan media pembelajaran interaktif <em>online</em> berbasis <em>Desmos Activity Builder</em> dengan pendekatan kontekstual pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 43 Jakarta. Berdasarkan hasil validasi produk, rata-rata kelayakan yang diperoleh dari semua penilaian adalah 83% dan jika diinterpretasikan media pembelajaran ini mendapat kategori sangat baik. Maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran interaktif <em>online</em> berbasis <em>Desmos Activity Builder</em> dengan pendekatan kontekstual pada materi teorema Pythagoras Kelas VIII di SMP Negeri 43 Jakarta tergolong dalam kategori kelayakan sangat baik untuk digunakan dan dimanfaatkan sebagai media pembelajaran atau sumber belajar alternatif bagi siswa kelas VIII SMP dalam mempelajari materi teorema Pythagoras.</p> Tiara Tiara Erviana, Tri Murdiyanto, Leny Dhianti Haeruman Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/44064 Tue, 16 Apr 2024 17:47:40 +0700 Analisis Tingkat Pemahaman Siswa SMP dalam Menyelesaikan Permasalahan Terkait Duplikasi, Triseksi, dan Kuadratus https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/44294 <p>Tiga masalah klasik matematika pada zaman Yunani di antaranya duplikasi, triseksi, dan kuadratus. Ketiga masalah ini merupakan landasan perkembangan ilmu geometri modern dan penting untuk dikaji. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman siswa terkait materi duplikasi, trisesksi, dan kuadratus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian merupakan lima siswa SMP yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara terbuka. Masing-masing siswa diberikan empat pertanyaan yang berkaitan dengan masalah duplikasi, triseksi, dan kuadratus. Analisis data penelitian ini bersifat tematik. Hasil dari penelitian ini memperoleh tiga tingkatan pemahaman siswa SMP dalam menyelesaikan permasalahan terkait duplikasi, triseksi, dan kuadratus. Penjelasan mengenai tiga tingkatan pemahaman tersebut akan dijelaskan secara rinci pada tulisan ini.</p> Alisya Putri Chania, Yulyanti Harisman Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/44294 Tue, 16 Apr 2024 18:05:21 +0700 Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline 3 dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Komunikasi Matematis https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/43037 <p>Guru matematika SMP N 1 Punggur Lampung Tengah dalam menyampaikan materi pelajaran masih menggunakan buku cetak, LKS dan belum menggunakan media pembelajaran. Selain itu, peserta didik masih merasa sulit memahami materi pelajaran matematika. Sebagian besar peserta didik menganggap matematika pelajaran yang sulit dan membosankan sehingga diperlukannya pembelajaran yang menarik dan lebih kreasi dengan bantuan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengembangkan media pembelajaran <em>articulate storyline</em> 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis;&nbsp; (2) mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran <em>articulate storyline</em> 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis; (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran <em>articulate storyline</em> 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan <em>Research and Development </em>(R&amp;D) dengan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu <em>define </em>(pendefinisian), <em>design</em> (perancangan), <em>develop</em> (pengembangan) dan <em>disseminate</em> (penyebaran). Lokasi penelitian ini di SMP N 1 Punggur. Subjek dalam penelitian ini adalah 33 orang peserta didik kelas VII di SMP N 1 Punggur. Materi yang dikembangkan adalah materi aljabar. Hasil pengembangan dengan menggunakan 4-D menunjukkan bahwa hasil validasi media sebesar 84 persen dengan kriteria “sangat valid” serta validasi ahli materi yaitu 89 persen dengan kriteria “sangat valid”. Selanjutnya hasil respon peserta didik mendapatkan persentase 84 persen dengan kriteria “sangat praktis”, sedangkan tes keefektifan media pembelajaran <em>articulate storyline</em> 3 menunjukkan hasil ketuntasan belajar sebesar 79 persen dengan kriteria “efektif”. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa media pembelajaran <em>articulate storyline</em> 3 dengan pendekatan realistik untuk meningkatkan komunikasi matematis yang dikembangkan sudah valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.</p> Defi Anggraini, Yuyun Yunarti Copyright (c) 2024 JURNAL RISET PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpms/article/view/43037 Sun, 28 Apr 2024 13:48:03 +0700