Pengembangan Modul Pembelajaran Tata Rias Pengantin Barat Di Program Studi Pendidikan Tata Rias

Authors

  • Syahla Regina Apriliyandy UNJ
  • Mari Okatini Program Studi Sarjana Terapan Kosmetik dan Perawatan Kecantikan
  • Lilis Jubaedah Program Studi Sarjana Terapan Kosmetik dan Perawatan Kecantikan

DOI:

https://doi.org/10.21009/10.1.2.2009

Abstract

Modul adalah suatu bahan ajar pembelajaran alternatif yang isinya relatif singkat dan spesifik yang disusun untuk mencapai tujuan pembelajaran. Modul dapat dipergunakan untuk pembelajaran mandiri. Dengan modul, peserta didik dapat mengukur sendiri tingkat penguasaan materi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media modul pembelajaran dalam materi Tata Rias Pengantin Barat di program studi Pendidikan Tata Rias. Modul ini diharapkan menjadi media alternatif materi Tata Rias Pengantin Barat, sehingga dapat dijadikan sumber yang layak diterapkan bagi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian awal yang termasuk di dalam tahap pendefinisian dalam prosedur penelitian dan pengembangan (R&D) oleh Al-Tabany (2014). Penelitian ini hanya terbatas pada analisis kebutuhan yang bersumber dari skala literatur dan hasil wawancara awal pada mata kuliah Tata Rias Pengantin Barat. SasaranĀ  penelitian dan pengembangan yang digunakan sebagai objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Rias Universitas Negeri Jakarta yang sudah mengambil mata kuliah Tata Rias Pengantin Barat Tahun 2015 dan 2016. Hasil penelitian ini adalah modul sebagai media pembelajaran dibutuhkan digunakan sebagai bahan ajar mandiri dan bisa menarik minat siswa serta pengembangan media modul sebagai bahan ajar yang bervariasi di program studi Pendidikan Tata Rias.

Downloads

Published

2020-05-26