IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP (PETA PIKIRAN) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH KHUSUS PROGRAM KEAHLIAN KECANTIKAN DI SMK NEGERI 27 JAKARTA PUSAT

Authors

  • RUSY ARINDIKA

Keywords:

Models of Learning, Mind Map, Learning Achievement, Special Makeup

Abstract

ABSTRACT

 

Rusy Arindika 2012. Implementation Of The Mind Map Learning For Improving Student Achievement Against Class XII On the Subject Special Makeup Courses Beauty Expertise at SMKN 27 Jakarta. Thesis. Jakarta : Makeup Course, Department of Family Welfare, Faculty of Engineering, State University of Jakarta.

The research was conducted based on action research or action research, which consisted of two cycles, where the description on each cycle include: planning action, implementing action, reflection and revision stages of planning for the development of the next cycle of action. Information were collected from the pre test and post test, field notes, as well as learning reflection sheet.

Based on the results of research in SMK Negeri 27 Jakarta note that student achievement before and after implementation of the learning model mind map increased. Before the implementation of the learning model mind map, the average grade of 67.2 and after the implementation of the learning model mind map, the class average experience of 67.2 to 74.4 to 80.2 in cycle I and cycle II is thus student achievement before and after implementation of the learning mind map increased. If the value of post test compared with the average value of daily tests on a subject that teaches the traditional learning model can be seen that application of mind map learning model can improve student achievement.

 

Key words: Models of Learning, Mind Map, Learning Achievement, Special Makeup.

 

ABSTRAK

Rusy Arindika 2012. Implementasi Model Pembelajaran Mind Map (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII Pada Mata Pelajaran Rias Wajah Khusus Program Keahlian Kecantikan di SMK N 27 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta.

            Penelitian ini dilakukan berdasarkan penelitian tindakan atau action research, yang terdiri atas dua siklus, dimana deskripsinya pada masing-masing siklus mencakup: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, tahap refleksi dan revisi perencanaan untuk pengembangan tindakan siklus berikutnya. Data dikumpulkan dari nilai pre test dan post test, catatan lapangan, serta lembar refleksi pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitian di SMK Negeri 27 Jakarta diketahui bahwa prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakannya model pembelajaran mind map  mengalami peningkatan. Sebelum dilaksanakannya model pembelajaran mind map, nilai rata-rata kelas yaitu 67,2 dan setelah dilaksanakannya model pembelajaran mind map, nilai rata-rata kelas mengalami dari 67,2 menjadi 74,4 pada siklus I dan 80,2 pada siklus II dengan demikian prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah dilaksanakannya model pembelajaran mind map mengalami kenaikan. Jika nilai post test dibandingkan dengan nilai rata-rata ulangan harian pada pokok bahasan yang di ajarkan dengan model pembelajaran tradisional dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

                       

Kata kunci : Model Pembelajaran,  Mind Map, Prestasi Belajar,  Rias Wajah Khusus

Published

2017-05-12