PERSEPSI ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TATA RIAS TERHADAP KESESUAIAN KURIKULUM MATA KULIAH KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT DENGAN BIDANG KERJANYA
DOI:
https://doi.org/10.21009/11.2.5.2009Keywords:
Tata Rias, Persepsi, KurikulumAbstract
Kurikulum Mata Kuliah Kecantikan Kulit dan Rambut sejak tahun 2019 belum mengalami evaluasi. Mengingat perkembangan sains dan teknologi yang kian pesat dan beragam pekerjaan alumni, maka diperlukan evaluasi kurikulum untuk melihat sejauh mana kurikulum tersebut dapat diaplikasikan dalam pekerjaan alumni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya kesesuaian kurikulum mata kuliah kecantikan kulit dan rambut dengan bidang kerja alumni saat ini sebagai hairstylist, hairdresser, dan wirausaha salon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survey serta sampel berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak (66,7 %) responden menilai tujuan kuliah sangat sesuai dengan pekerjaannya. Sebanyak (70,0 %) responden menilai materi perkuliahan sangat sesuai dengan bidang kerjanya. Sebanyak (56,7 %) responden menilai media perkuliahan yang digunakan sangat sesuai. Sebanyak (70,0 %) responden memberikan penilaian metode yang digunakan sangat sesuai dengan bidang kerjanya. Sebanyak (60,0 %) responden memberikan penilaian sangat sesuai untuk aspek sarana dan prasarana. Kemudian, sebanyak (70,0 %) responden menilai sangat sesuai untuk aspek evaluasi. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa sejumlah 19 responden (63,3 %) menilai kurikulum mata kuliah kecantikan kulit dan rambut yang digunakan sangat sesuai dengan pekerjaan alumni saat ini sebagai hairstylist, hairdresser, dan wirausaha salon.