Perceptions of Alumni of Cosmetology Education Study Programme on Compatibility of Cosmetology Curriculum with Competency Modification of Bridal Makeup Yogya Putri

Authors

  • hafni nur afifah mahasiswa
  • Program Studi Pendidikan Tata Rias
  • Program Studi Sarjana Terapan Kosmetik dan Perawatan Kecantikan

DOI:

https://doi.org/10.21009/jtr.12.1.10

Abstract

Kurikulum merupakan satu hal penting dalam dunia pendidikan, dimana kurikulum menjadi seperangkat alat dan pedoman di dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran. Penyusunan kurikulum disesuaikan berdasarkan standar kompetensi yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui persepsi alumni Program Studi Pendidikan Tata Rias terhadap kesesuaian kurikulum tata rias dengan kompetensi pengantin. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini ialan metode survey dengan pendekatan kuantitatif deskripsif dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini dilihat berdasarkan rata – rata indikator yang terbagi menjadi tiga, (1) indikator yang terdapat di dalam dengan SKKNI Modifikasi Rias Pengantin (MRP) Yogya Putri : pemahaman rias wajah, rambut, busana, perhiasan dan bunga pengantin Yogya Putri (84,49%), keterampilan merias wajah dan rambut (77,41%). (2) indikator yang tidak terdapat di dalam SKKNI Modifikasi Rias Pengantin (MRP) Yogya Putri : menguasai ragam rias pengantin daerah Indonesia (88,17%), menguasai tata cara upacara adat perkawinan daerah Indonesia (61,29%), menguasai wedding organizer (79,03%). (3) Indikator kesesuaian kurikulum dan peran kurikulum: kesesuaian kurikulum dan peran  kurikulum (86,29%). Maka dapat disimpulkan bahwa kurikulum tata rias sudah sesuai dengan  kompetensi pengantin. Saran dan masukan alumni untuk kurikulum tata rias yaitu lebih meningkatkan mata kuliah pengantin sesuai dengan perkembangan zaman, memperbarui fasilitas, mendatangkan dosen tamu, meningkatkan mata kuliah pengantin mengenai tata upacara adat dan penambahan materi baru terkait pengelolaan usaha bisnis pengantin.

Downloads

Published

2023-01-27