Video Tutorial Tata Rias Pegantin Lintau Buo Tanah Datar Sumatera Barat

  • Hanifi Zil Afi Nasril Program Studi Diploma 3 Tata Rias, Jurusan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta
  • Sri Irtawidjajanti Program Studi Sarjana Terapan Kosmetik dan Perawatan Kecantikan
Keywords: Video Tutorial, Media Pembelajaran, Tata Rias Pengantin, Lintau Buo, Sumatera Barat

Abstract

HANIFI ZIL AFI NASRIL, Video Tutorial Tata Rias Pengantin Lintau Buo Tanah Datar Sumatera Barat, Tugas Akhir : Jakarta Program Studi Diploma 3 Tata Rias, Jurusan Tata Rias, FakultasTeknik, Universitas Negeri Jakarta, 2022.

Lintau Buo adalah kecamatan di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Daerah Lintau Buo memiliki karakteristik pada tata rias pengantinnya. Tata rias pengantin Lintau Buo Tanah Datar terdiri dari tata rias wajah, tata rias rambut atau hijab, tata busana dan aksesoris. Penilitian pada tugas akhir ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang akan menghasilkan produk yang telah teruji kefektifannya. Memperkenalkan tata rias pengantin Lintau Buo Tanah Datar Sumatera Barat kepada masayarakat luas, baik masyarakat Sumatera Barat maupun masyarakat diluar Sumatera Barat yang dikemas menjadi video tutorial. Dalam pembuatan video tutorial tersebut sudah melalui proses pra produksi, produksi, pasca produksi, penelitian, pengolahan data dan hasil penelitian. Video tutorial tersebut telah di uji kelayakannya dan sudah memenuhi kriteria validasi yang di dapat dari para ahli menggunakan skala likert. Ahli tata rias pengantin memberi nilai dengan persentase 98%  ahli media memberi nilai dengan persentase 100% dan ahli materi memberi nilai dengan persentase 82% . Dapat disimpulkan bahwa video tutorial tersebut Sangat Baik dan Layak untuk dijadikan media pembelajaran mengenai tata rias pengantin Lintau Buo Tanah Datar Sumatera Barat.

 

Published
2023-02-03