PENGGUNAAN MODEL THINK PAIR SHARE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA PADA MATA KULIAH KAIWA II
Penelitian Eksperimen terhadap Mahasiswa Semester II Tahun Akademik 2022/2023 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.21009/kagami.151.04Kata Kunci:
model pembelajaran, Think Pair Share, kemampuan berbicara, Bahasa Jepang, daringAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas model Think Pair Share dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa dalam mata kuliah Kaiwa serta tanggapan mereka terhadap model ini. Mengingat tantangan interaksi dalam pembelajaran daring akibat pandemi COVID-19 dan penggunaan aplikasi seperti Google Classroom dan Zoom, model Think Pair Share direkomendasikan untuk meningkatkan keterampilan berbicara dalam mata kuliah tersebut di Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental design dengan desain one-group pretest posttest, melibatkan sampel yang diambil secara purposive sampling berdasarkan nilai ujian akhir semester I. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk mengukur keterampilan berbicara sebelum dan sesudah treatment serta angket untuk mengevaluasi tanggapan mahasiswa.
Hasil analisis menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari pretest (48) ke posttest (73) sebesar 25 poin. Model Think Pair Share terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa, dengan mahasiswa melaporkan peningkatan rasa percaya diri, pemahaman materi yang lebih baik, dan kemudahan dalam berinteraksi.
Referensi
Anum, A. (2018). Interaksi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik). Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik 1, 56–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24967/fisip.v1i1.320
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Pandemi Covid-19. Journal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Brilianzha, Aldi. (2021). A Study of Think Pair Share Technique To Improve Speaking Skills of The Eight Grade Students in Kupang. Lectio: Journal of Language and Language Teaching.
Cahyani, F. (2018). The Use of Think Pair Share Technique to Improve Students’ Speaking Performance. In Research in English and Education (READ) (Vol. 3, Issue 1).
Hamidah, A. (2020). Tingkat Kompetensi Komunikasi Bahasa Jepang (Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa Semester VII Bahasa Jepang STBA JIA Bekasi 2019/2020 ).
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue April).
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. In DIDAKTIKA (Vol. 9, Issue 4). https://jurnaldidaktika.org/
Huda, M. (2011). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan (1st ed.). Pustaka Pelajar.
Khoirunnisa, S. (2016). Penggunaan Teknik Permainan Think Pair Talkball Share (TPTS) Untuk Kemampuan Berbicara Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IBB SMA Negeri 7 Purworejo. Universitas Negeri Yogyakarta.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Marzuqi, I. (2019). Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.
Nurul Izzah, F., Arifah Khofshoh, Y., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., Wakhidah, N., Studi Pendidikan IPA, P., Tarbiyah dan Keguruan, F., Sunan Ampel, U., & Negeri, S. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA Di Masa Pandemi PANDEMI. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa
Rahmat J, Pammu, A., & Jubhari, R. (2021). The Effectiveness of Think-Pair-Share Strategy on Improving Visually Impaired Students’ Speaking Skill at SLB-A Yapti Makassar. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 4(2), 153-160. https://doi.org/10.34050/elsjish.v4i2.14016
Su, B., Bonk, C. J., Magjuka, R. J., Liu, X., & Lee, S. H. (2005). The importance of interaction in web-based education: A program-level case study of online MBA courses. Journal of Interactive Online Learning, 4(1), 1–19.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar.
Sutedi, D. (2019). Evaluasi Hasil Belajar Bahasa Jepang(teori dan praktik). Humaniora & UPI Press.
Tarigan, H. G. (1985). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (VII). Angkasa.
Tarigan, H. G. (2021). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (VII). CV Angkasa.
Trianto. (2009a). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2009b). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana Prenada Media Group.
Wahyono, H. (2017). Penilaian Kemampuan Berbicara di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Wujud Akuntasi Prinsip-prinsip Penilaian. Transformatika, 1(1), 19–34.
Widiyarto, S. (2017). Pengaruh Metode Think, Pair, And Share dan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia. Deiksis, 9(01), 79. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i01.784
Zivenliu, Diana (2021). The gains and pains of the think-pair-share strategy. Website: https://www.cypherlearning.com/blog/k-20/the-gains-and-pains-of-the-think-pair-share-strategy. Diakses pada 17 Januari 04.00 WIB
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Vaniya Safitri Irawan, Nia Setiawati, Eva Jeniar Noverisa
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.