Evaluasi Kinerja Jalan Ir. H. Juanda Kota Bekasi
Keywords:
ruas jalan, volume jalan, kapasitasAbstract
Pengaturan sirkulasi arus lalu lintas yang tidak tepat, terkadang menimbulkan ketidak efisienan dalam melakukan perjalanan di tinjau dari segi panjang perjalanan dan waktu perjalanan. Hal ini akan berdampak pada pemborosan penggunaan BBM dan biaya perjalanan. Penerapan sistem satu arah hendaknya dilakukan kajian secara mendalam terlebih dahulu agar prinsip efisiensi dalam manajemen lalu lintas dapat tercapai. Manajemen lalu lintas merupakan suatu upaya yang meliputi perencanaan, pengaturan dan pengawasan dalam pengelolaan serta pengendalian arus lalu lintas dengan melakukan optimasi penggunaan sarana dan prasarana penunjang untuk mencapai kondisi lalu lintas yang lancar, tertib, aman dan nyaman. Sebelumnya perlu dilakukan evaluasi kinerja jalan Ir. H. Juanda Kota Bekasi yang karakteristiknya satu arah di tinjau dari sisi perekonomian dan biaya perjalanan. Dengan memanfaatkan data sekunder yang sudah ada, juga dilakukan survei-survei pengumpulan data, pembangunan model jaringan jalan, perkiraan permintaan perjalanan, pembebanan lalu lintas dan upaya pengaturan arus dengan cara mencoba beberapa scenario pengaturan arus yaitu perubahan satu arah menjadi dua arah. Dalam melakukan analisa, teori yang digunakan adalah kapasitas jalan, volume lalu lintas, v/c ratio, dan karakteristik jalan. Hasil dari evaluasi tersebut adalah perubahan sistem satu arah menjadi dua arah, agar sistem perekonomian disepanjang ruas jalan Ir. H. Juanda meningkat dan berkurangnya biaya perjalanan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License