Studi Peningkatan Fasilitas di Terminal Bus Pulogadung dengan Menggunakan Metode Observasi

  • Sumarno Sumarno Universitas Negeri Jakarta
  • Abdullah Abdullah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: fasilitas, tingkat layanan

Abstract

Kelancaraan serta kepuasaan untuk pengguna jasa baik penumpang ataupun pengemudi (supir) sangat tergantung pada kinerja, fasilitas sarana dan prasarana diterminal itu sendiri. Di mana tersedia fasilitas utama dan fasilitas penunjang yang memadai dalam menunjang kenyamanan baik dari penumpang dan pengemudi.

Berdasarkan hasil survey lokasi Terminal Pulo Gadung merupakan terminal tipe A dengan luas lahan 3,52 ha (luas lahan standar Departemen Perhubungan minimal tipe A seluas 4,7 ha), sehingga Terminal Pulo Gadung tidaklah mungkin dapat menampung 600-an bus (Angkutan Dalam Propinsi) AKDP dan 400-an bus (Antar Kota Antar Propinsi) AKAP. Itu belum termasuk sekitar 7.000 penumpang dan calon penumpang yang keluar masuk terminal karena pengemudi angkutan enggan masuk terminal karena terminal sudah kelebihan beban.

Namun banyaknya kendala yang terjadi pada saat  penumpang dan pengemudi (supir) di terminal bus pulogadung, hal ini karena adanya kendala di fasilitas utama dan fasilitas penunjang yang mencerminkan ketidaksiapan petugas terminal dalam melayani keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa di terminal Pulogadung.

Published
2008-10-01
Section
Articles