Analisis Tonase Kapal Untuk Mengatasi Kerugian Akibat Kelebihan Tonnage Availability Pada Pencharteran Kapal di PT. Pertamina
Keywords:
tonnage, requirement, availabilityAbstract
PT. Pertamina (Persero) Perkapalan, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang industri hulu yang bertugas mendistribusikan minyak dan gas di Indonesia mengalami kerugian. Kerugian tersebut dapat dikurangi dengan melakukan analisis tonase (tonnage review) muatan/kargo yang akan diangkut dari tonase kapal yang tersedia. Namun dalam pelaksanaannya hasil analisa memberikan ketidaksesuaian antara tonase muatan dengan tonase kapal yang tersedia sehingga tonase kapal yang tersedia lebih sedikit atau berlebih dari tonase muatan yang akan dibawa. Hal ini sering terjadi karena permintaan akan migas di Indonesia mengalami fluktuasi baik menurun atau meningkat dan kondisi tersebut diperparah dengan pemilihan kapal yang kurang tepat. Hasil analisis didapatkan, PT. Pertamina (Persero) Perkapalan dalam periode over tonnage availability sebesar 38 kali dari 68 kali pengangkutan yang terjadi atau sekitar 55.8%. Angka ini menunjukan tingkat kelebihan tonnage availability yang cukup besar. Dengan teknik multi port PT. Pertamina (Persero) Perkapalan dapat menekan kerugian akibat kelebihan tonnage availability pada periode September 2007 yang sebelumnya berkisar US $ 4,250,051.73 menjadi US $ 2,900,646.83. Angka ini turun sekitar 68.2% atau berkurang US $ 1,349,404.9.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License