Meningkatkan Kinerja Pelayanan Pemanduan Guna Terciptanya Pelayanan Jasa Kapal yang Optimal di Divisi Kepanduan PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Tanjung Priok
Keywords:
kapal tunda, pelindo IIAbstract
Kapal Tunda adalah kapal yang dapat digunakan untuk melakukan manuver / pergerakan, utamanya menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, laut lepas atau melalui sungai atau terusan. Pemanduan kapal tersebut dimaksudkan untuk kepentingan pertimbangan keselamatan pelayaran dan untuk itu, maka pengoptimalisasian armada kapal tunda sangat penting demi tercapainya pelayanan jasa penundaan yang efektif di divisi kepanduan dan jika dilihat dari peran dan fungsinya yang sangat penting maka diperlukan perawatan guna menjaga kondisi kapal dalam keadaan siap operasi yaitu dengan meningkatkan kunjungan kapal yang tinggi dan kinerja pelayanan pemanduan guna tercapainya pelayanan jasa kapal untuk menunjang availability 80%.Tingkat kesiapan sarana pemanduan belum mencapai target sasaran mutu yang telah ditetapkan oleh PT. Pelabuhan Indonesia II ( Persero ) Cabang Tanjung Priok, yaitu rata – rata hanya berkisar sebesar 70 %. Beberapa solusi dan saran yang membangun yaitu dengan cara mengantisipasi arus kunjungan yang meningkat di masa yang akan datang, perlu diadakan peremajaan, penambahan armada kapal tunda dan penyewaan armada kepanduan dari pihak swasta ( charter ) untuk memenuhi pelayanan pelanggan. Serta peningkatan keterampilan dan kemampuan para personel pandu dan tunda agar terhindar dari hal –hal yang tidak diharapkan seperti kecelakaan dalam pelayanan pemanduan kapal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License