STUDI DAMPAK FISIK PENGOPERASIAN JALUR BUSWAY PADA PERUMAHAN METRO PONDOK INDAH KORIDOR VIII
Keywords:
Transjakarta, Metro Pondok IndahAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak fisik penting setelah pengoperasian jalur busway di perumahan Metro Pondok Indah dengan mengevaluasi dampak penting yang telah dibuat Dinas PU DKI Jakarta pada tahun 2007 dan diteliti serta dibuktikan kesesuaiannya di tahun 2010 sesuai dengan dokumen AMDAL (ANDAL, RKL dan RPL). Tempat penelitian dilakukan di perumahan Metro Pondok Indah. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan bulan Juni tahun 2010.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif yang bersifat survei terhadap pengguna transjakarta dan warga perumahan Metro Pondok Indah dengan menyebarkan sebanyak 50 kuesioner pada pengguna bus transjakarta di halte Pondok Indah 1, kemudian 50 kuesioner lagi pada pengguna bus tansjakarta di halte Pondok Indah 2, dan 20 kuesioner ke warga perumahan Metro Pondok Indah. Selain itu juga dilakukan penelitian langsung dengan menghitung volume kendaraan di perumahan Metro Pondok Indah pada jam puncak pagi (07.00 – 09.00 WIB), siang (11.00 – 13.00 WIB) dan sore (16.00 – 18.00 WIB).
Hasil penelitian didapat bahwa masih ada ketidaksesuaian antara harapan pemprov DKI Jakarta yang ingin mengurangi kepadatan atau kemacetan lalu lintas dengan kenyataan di lapangan. Pemprov membangun busway agar para pengguna kendaraan pribadi beralih ke kendaraan umum yang fasilitasnya lebih baik dari angkutan umum lain di perumahan Metro Pondok Indah, namun hasilnya kurang memuaskan karena warga tetap memilih kendaraan pribadi sebagai alat transportasi dalam beraktivitas sehari - hari. Bagi para pengguna mereka tidak dapat menikmati fasilitas yang seharusnya jalur busway dibuat khusus untuk dilewati transjakarta tapidimasuki kendaraan lain, sehingga bus pengguna transjakarta tetap merasakan terhambat kelancaran perjalanan. Bus transjakarta berdampak positif bagi lingkungan terutama untuk kualitas udara bila dibandingkan kendaraan umum lain seperti bus kota, kopaja dan bajaj karena bahan bakar bus transjakarta adalah BBG (Bahan Bakar Gas) yang merupakan bahan bakar ramah lingkungan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License