UPAYA MEMPERTAHANKAN MOTIVASI KERJA PADA PROSES BONGKAR MUAT KENDARAAN DARI/KE KAPAL YANG DIAGENI OLEH PT. MITRA SAMUDERA JAYA LINES

  • Dadang Suyadi S D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Jasief Putrahardja D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Yolla Listia D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Keywords: Upaya, Motivasi Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses kegiatan bongkar muat kendaraan (vechile) di kapal roro internasional yang ditangani oleh PT. Mitra Samudera Jaya Lines. Di dalam penulisan ini diuraikan kegiatan bongkar muat kendaraan.

Metode yang digunakan dalam penyusunan tugas akhir ini adalah metode kepustakaan, di dalam penulisan data penulis menggunakan Metode Wawancara, Metode Observasi Lapangan dan Metode kuesioner. Perusahaan pelayaran sebagai pengguna jasa Tanjung Priok Car Terminal mengharapkan agar kapalnya berada di Tanjung Priok Car Terminal dalam waktu yang singkat, hal ini dapat diwujudkan dengan kinerja bongkar muat, karena kinerja bongkar muat yang tinggi sangat mempengaruhi lamanya kapal berada di pelabuhan. Kecepatan serta kelancaran bongkar muat kendaraan di dalam Tanjung Priok Car Terminal sangat tergantung pada kinerja Sumber Daya Manusia (SDM), Fasilitas dan pelayanan pelabuhan itu sendiri. Banyaknya faktor yang mempengaruhi tingkat kinerja sumber daya manusia untuk menghasilkan hasil kinerja yang sesuai dengan target yang sudah ditetapkan oleh Tanjung Priok car Terminal sebanyak seratus lima puluh unit per jam.

Dari hasil kuesioner yang telah disebar kepada lima puluh orang pengemudi dengan empat puluh satu pertanyaan maka diperoleh hasil bahwa target pencapaian sudah sangat baik, karena dari perusahaan bongkar muat Bandar Krida Jasindo sudah dapat melampaui target yaitu sebanyak seratus delapan puluh hingga dua ratus unit perjam.

Published
2011-04-04
Section
Articles