PENGARUH JUMLAH RTG TERHADAP TINGGINYA WAKTU TURN ROUND TRUCK DI TPK KOJA

  • Nugroho Subroto D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Rahmadi Hutomo Putro D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh Ketersediaan RTG Terhadap Tingginya Turn Round Truck di Terminal Petikemas Koja.

KSO TPK Koja yang merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa terminal petikemas, yaitu meliputi : loading-discharge, receiving-delivery, transhipment, over brengen dan behandle. Untuk mendukung kegiatan operasional TPK Koja agar tersedianya fasilitas yang memadai, salah satu fasilitas penting di sebuah terminal petikemas adalah RTG (Rubber Tyred Gantry). Peran RTG sangat vital di suatu terminal petikemas karena ketersediaan RTG akan banyak mempengaruhi kelancaran kegiatan di terminal petikemas. Jadi jika fasilitas tidak cukup memadai, maka kegiatan di terminal tersebut akan terganggu atau bahkan menghambat arus keluar masuk barang yang ditandai dengan tingginya waktu Turn Round Truck (TRT)

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ketersediaan RTG di TPK Koja masih kurang dari standar, oleh karena itu TPK Koja harus menambah RTG sesuai dengan standar yang telah ditentukan, agar kegiatan operasional dan pelayanan terhadap pengguna jasa dapat berjalan lancar.

Published
2014-10-06
Section
Articles