OPTIMALISASI THROUGHPUT DI KSO TPK KOJA TAHUN 2014

  • Henita Rahmayanti D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • Trizadi Setyo D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Abstract

Penulisan tugas akhir ini dilakukan selama penelitian pada saat Praktek Kerja Lapangan (PKL) di KSO TPK Koja. KSO TPK Koja merupakan salah satu perusahaan yang mengelola petikemas dan pelayanan jasa bongkar muat. Perusahaan ini selalu mengutamakan kepuasan pelanggan dan berusaha meningkatkan kinerjanya. Salah satunya adalah dengan merencanakan target arus bongkar muat (throughput) setiap tahunnya. Tahun 2014 ini target throughput yang diharapkan yaitu 881.152 Teus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang menjadi kendala dalam pencapaian target throughput dan upaya yang harus dilakukan untuk mencapai target target throughput tahun 2014.

Dalam pengumpulan data, penulis melakukan pengamatan dan wawancara. Sebagai contoh permasalahannya pengamatan dan penelitian dilakukan pada saat kegiatan bongkar muat Vessel Wana Bhum, dengan menganalisa kinerja crane dan kendala yang mengganggu kegiatan crane.

Hasil analisa menunjukan bahwa kinerja crane masih di bawah standar yang diharapkan KSO TPK Koja yaitu sebesar 27 Box/Hour, hal ini disebabkan oleh masih sering terjadinya kerusakan pada saat crane digunakan (crane breakdown). Selain itu pula terdapat faktor lain yang menjadi kendala dalam pencapaian target throughput seperti cuaca, ketersediaan dan kesiapan alat, Sumber Daya Manusia (SDM), dan lalulintas truck-truck pengangkut petikemas

Published
2014-10-06
Section
Articles