PERBANDINGAN PEMANFAATAN LOKET, WEBSITE DAN E-BILLING DI PT. MUSTIKA ALAM LESTARI TAHUN 2016 – 2017

Authors

  • Winoto Hadi D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.21009/logistik.v12i1.13713

Keywords:

perbandingan, pemanfaatan, sistem, pelayanan pelanggan

Abstract

Laporan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil perbandingan dari pemanfaatan loket, website dan E-Billing di PT. Mustika Alam Lestari di tahun 2016 dan tahun 2017, sekaligus sebagai persyaratan kelulusan program studi Manajemen Pelabuhan Universitas Negeri Jakarta. Untuk dapat menyusun tugas akhir ini, penulis mengumpulkan data dalam bentuk primer yaitu berupa hasil kuisioner yang dibagikan kepada para pelanggan PT. Mustika Alam Lestari mengenai sistem loket, terutama website dan E-Billing yang baru berjalan 2 tahun. Proses tersebut dilakukan penulis selama melakukan kegiatan praktik kerja lapangan. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dan di jadikan bahan perbandingan dengan data yang sudah ada di tahun 2016. Perkembangan yang ada pada sistem akan berdampak kepada kepuasan pelanggan dan juga kemajuan dari PT. Mustika Alam Lestari. semakin baik sistem berbasis online berjalan, semakin banyak pula pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan. Tetapi itu semua tidak terlepas dari berbagai kendala. Setelah penulis menganalisis permasalahan ini lebih jauh, penulis akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.

Published

2019-04-01

Issue

Section

Articles