PELAYANAN EKSPOR COMPLETELY BUILT UP (CBU) MENGGUNAKAN APPLIKASI CTOS DI PT. INDONESIA KENDARAAN TERMINAL
Keywords:
Car Terminal Operating System (CTOS), Scanning Vin id, Human ErrorAbstract
Dalam tiga tahun terkahir terjadi kenaikan signifikan terhadap cbu yang akan di ekspor ke berbagai wilayah di dunia. PT. IKT sendiri mempunyai siasat dalam menanggulangi kenaikan ekspor yang terjadi khusus nya pada cargo berjenis cbu dan alat berat. PT. IKT mengeluarkan suatu sistem yang berguna untuk mempermudah para pemilik cargo khusus nya cargo berjenis cbu dan alat berat untuk melakukan ekspor impor terhadap cargo yang dimilikinya. Sistem itu bernama Car Terminal Operating System (CTOS).
CTOS ini dilakukan secara programing, yaitu semua kegiatan di lapangan yang berkaitan dengan bongkar muat khusus ekspor akan di olah oleh sistem CTOS sehingga semua kegiatan akan terasa sangat mudah dikarnakan semua sudah melalui web, dengan terciptanya sistem ini masih terjadi banyak kekurangan atau hambatan dari pelaksanaan sistem ini yaitu masih sering terjadi nya human error oleh petugas tally saat melakukan scanning vin id pada setiap cargo cbu sehingga akan terjadi keterlambatan pemasukan data dan akan berpengaruh terhadap kecepatan sistem CTOS dalam mengolah data.
Berdasarkan penelitian terhadap hambatan dari pelayanan ekspor menggunakan CTOS ini , kegiatan scanner vin id oleh petugas tally di gate sebaiknya diganti menggunakan alat otomatis gate scanner, dikarnakan jika menggunakan gate scanner dapat Dapat meminimalisir human error dikarnakan sudah menggunkan alat otomatis yang dapat bekerja secara 24 jam nonstop dan dapt bekerja di cuaca buruk sekalipun
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License