Analisis Kegiatan Pelayanan Delivery CBU ( Completely Built Up ) Di Terminal Domestik PT. Indonesia Kendaraan Terminal Tanjung Priok
Keywords:
Kegiatan Pelayanan Delivery CBUAbstract
Transportasi laut berperan sebagai mobilitas manusia, barang dan jasa baik lokal, regional, nasional maupun internasional. Jasa industri angkutan menggunakan kapal laut merupakan jasa angkutan yang bergerak dalam pengangkutan penumpang dan barang (cargo). Dalam melakukan Perdagangan intrnasional dan domestik banyak pemilik barang (shipper) menggunakan jasa transportasi laut, hal ini di karenakan jumlah barang yang akan diangkut relatif dalam jumlah yang besar serta ongkos pengangkutannya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan moda lainnya. Kegiatan penelitian tugas akhir ini dilakukan selama melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Indonesia Kendaraan Terminal yang merupakan salah satu perusahaan pelayanan jasa untuk melakukan kegiatan receiving/delivery Completely Built Up (CBU). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pelayanan, pelaksanaan serta sistem dan prosedur kegiatan delivery. Kegiatan pelayanan CBU di terminal domestik masih terdapat permasalahan yang dapat menghambat kelancaran kegiatan pelayanan delivery. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti masih ada terjadinya keterlambatan pada proses delivery tersebut yang disebabkan kesalahan id pada cargo. Oleh karena itu berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, penulis menguraikan saran yaitu perlu adanya ketelitian dalam memeriksa barcode pada cargo dankomunikasi yang baik antara petugas pelayanan delivery dengan pengguna jasa dalam menyelesaikan proses kegiatan delivery agar tidak terjadi keterlambatan proses baik dalam kegiatan delivery nya maupun dalam masalah administrasi yang dapat mengakibatkan kerugian di PT.Indonesia Kendaraan Terminal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License