Analisis Kegiatan Pelayanan Delivery CBU ( Completely Built Up ) Di Terminal Domestik PT. Indonesia Kendaraan Terminal Tanjung Priok

Authors

  • Henita Rahmayanti D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
  • D3 TRANSPORTASI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Keywords:

Kegiatan Pelayanan Delivery CBU

Abstract

Transportasi laut berperan sebagai mobilitas manusia, barang dan jasa baik lokal, regional, nasional maupun internasional. Jasa industri angkutan menggunakan kapal laut merupakan jasa angkutan yang bergerak dalam pengangkutan penumpang dan barang (cargo). Dalam melakukan Perdagangan intrnasional dan domestik banyak pemilik barang (shipper) menggunakan jasa transportasi laut, hal ini di karenakan  jumlah barang yang akan diangkut relatif dalam jumlah yang besar serta ongkos pengangkutannya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan moda lainnya. Kegiatan penelitian tugas akhir ini dilakukan selama melakukan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di PT. Indonesia Kendaraan Terminal yang merupakan salah satu perusahaan pelayanan jasa untuk melakukan kegiatan receiving/delivery Completely Built Up (CBU). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya pelayanan, pelaksanaan serta sistem dan prosedur kegiatan delivery. Kegiatan pelayanan CBU di terminal domestik masih terdapat permasalahan yang dapat menghambat kelancaran kegiatan pelayanan delivery. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti masih ada terjadinya keterlambatan pada proses delivery tersebut yang disebabkan kesalahan id pada cargo. Oleh karena itu berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, penulis menguraikan saran yaitu perlu adanya ketelitian dalam memeriksa barcode pada cargo dankomunikasi yang baik antara petugas pelayanan delivery dengan pengguna jasa dalam menyelesaikan proses kegiatan delivery agar tidak terjadi keterlambatan proses baik dalam kegiatan delivery nya maupun dalam masalah administrasi yang dapat mengakibatkan kerugian di PT.Indonesia Kendaraan Terminal.

Published

2016-10-03

Issue

Section

Articles