Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Bandara pada Multi-Airport-Region (Studi Kasus: Bandara Husein Sastranegara, Bandara SoekarnoHatta dan Bandara Kertajati)
DOI:
https://doi.org/10.21009/logistik.v15i01.26059Keywords:
Transportation, Airport, Confirmatory Analysis Factor (CFA), Passenger preference, Multi-Airport-Region (MAR).Abstract
Bandara merupakan titik penting dalam sistem transportasi udara. Peningkatan pelayanan bandara harus dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pengguna jasa penerbangan. Mengetahui indikator yang mempengaruhi penumpang dalam pemilihan bandara bermanfaat untuk meningkatkan pelayanan yang bisa diberikan oleh bandara. Pada beberapa bandara yang terletak pada satu wilayah (region), persaingan untuk mendapatkan penumpang sangatlah tinggi. Kondisi dimana dalam suatu wilayah terdapat lebih dari satu bandara disebut Multi-Airport-Region (MAR). Bandara Husein Sastranegara, Bandara Kertajati, dan Bandara Soekarno-Hatta memiliki wilayah cakupan saling berdekatan. Pada MAR, pergantian pemilihan bandara merupakan hal yang umum terjadi dilakukan. Pengolahan data dilakukan menggunakan program software JASP. Pengujian terhadap beberapa indikator yang mempengaruhi penumpang dalam pemilihan bandara dilakukan dengan menggunakan Confirmatory Analysis Factor (CFA). Hasil CFA menunjukkan terdapat tiga faktor utama yang mempengaruhi pemilihan penumpang dalam pemilihan bandara yang akan digunakan yaitu aksesibilitas, availability, dan fasilitas. Nilai loading factor menunjukkan bahwa indikator jarak tempuh ke bandara (X2), frekuensi penerbangan (X4), dan ketersediaan ATM/Money changer (X8) merupakan indikator yang berpengaruh besar terhadap masing-masing faktor.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License