Optimasi Rute Pendistribusian Produk Pelumas Kendaraan Menggunakan Algoritma Genetika: Studi Kasus
DOI:
https://doi.org/10.21009/logistik.v17i02.37329Keywords:
Pelumas Kendaraan, Capacitated Vehicle Routing Problem, Optimasi Rute Distribusi, Metaheuristik, dan Algoritma GenetikaAbstract
Studi ini awalnya muncul karena adanya perubahan Total Permintaan Distributor (TDP) pelumas kendaraan sejak pandemi Covid-19 melanda. Ditambah lagi dengan pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang memaksa orang-orang bekerja dari rumah menyebabkan kendaraan pribadi jarang digunakan kecuali ada keperluan khusus. Perubahan tersebut berdampak pada sistem distribusi pelumas khususnya di wilayah Jabodetabek. Karena perubahan distribusi pelumas terus terjadi selama dan setelah pandemi, maka perlu dilakukan optimasi ulang rute secara berkala untuk meminimalkan biaya transportasi dan memastikan barang sampai di tempat tujuan dengan jumlah yang tepat, menggunakan model Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP). Untuk mempercepat pencarian solusi, digunakan metode metaheuristik yaitu algoritma genetika (GA) sehingga memudahkan pencarian solusi bahkan pada data baru tanpa perlu melakukan pemodelan ulang secara lengkap. GA bertujuan untuk mengurangi biaya transportasi dari Depot Supply Point (DSP) ke distributor. Data yang dibutuhkan terdiri dari jenis dan jumlah kendaraan, profil permintaan, matriks jarak antara depo dan distributor, biaya terkait kegiatan transportasi, dan lain-lain. Metode yang diusulkan memberikan alternatif ilmiah untuk mengatur jalur distribusi produk pelumas kendaraan di perusahaan amatan. Didapatkan solusi terbaik penentuan rute perjalanan kendaraan yang optimal dengan batasan Total Permintaan Distributor yaitu Skenario 4. Kombinasi rute yang dihasilkan Skenario 4 yaitu sebanyak lima rute dengan total jarak tempuh kendaraan 372,1 km.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yelita Iskandar, Kenzie Dwianugerah Delu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License