Analisis Pemilihan Vendor Transportasi pada PT. Pos Logistik Indonesia Bandung untuk Antaran Gula Aren Rute Bandung – Jakarta Menggunakan Metode Weight Product (WP)

  • petrus siagian Universitas Logistik & Bisnis Internasional
  • Dani Leonidas S Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Reza Fayaqun Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
Keywords: Transportation, Delivery of Goods, Vendors, Weight Product (WP)

Abstract

PT Pos Logistik Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang logistik, transportasi menjadi elemen yang sangat penting dalam pengiriman barang pada suatu perusahaan, perusahaan yang bergerak pada bidang logistik acap kali memiliki kendala pada saat proses pengiriman barang yang disebabkan oleh moda transportasi yang kurang optimal menyebabkan keterlambatan pengiriman barang kepada konsumen, oleh karena itu diperlukan pemilihan vendor (penyedia jasa pengiriman) yang memiliki kinerja terbaik untuk dapat mengatasi proses pengiriman barang pada PT Pos Logistik Indonesia dengan menggunakan metode Weigh Product (WP), penelitian ini melakukan perbandingan terhadap beberapa vendor yang akan menjadi partner kerja PT Pos Logistik Indonesia untuk dapat mengatasi masalah keterlambatan pengiriman barang pada PT Pos Logistik, hasil pengujian berdasarkan 5 kriteria yang meliputi, harga, kualitas, garansi, kecepatan respon, dan kondisi kendaraan, PT Arisjaya Cargo terpilih dikarenakan memiliki nilai terbaik pada saat menentukan vendor menggunakan metode WP dengan nilai harga 95, kualitas 87,5, garansi 82,5, kecepatan respon 90, dan kondisi kendaraan 91,25 dengan hasil keseluruhan 0,2558.

Published
2023-10-31
Section
Articles