Antrian Pelanggan KRL di Stasiun Transit Manggarai (Jakarta)

Authors

  • Kencana Verawati
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta
  • Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/logistik.v16i02.38313

Keywords:

Tap In, Queue, Card

Abstract

Arena Software adalah perangkat lunak simulasi dan otomasi yang dikembangkan oleh Modeling Systems. Perangkat lunak Arena dapat digunakan untuk menganalisis sistem produksi, sistem distribusi, dan sistem antrian, seperti sistem antrian di stasiun Commuter Line (KRL). Model tersebut mensimulasikan antrian masuk di stasiun KRL untuk mengetahui pelayanan mulai dari pelanggan masuk, antri membeli tiket, antri keluar, menunggu keluar peron, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan server untuk mengisi ulang saldo kartu dan jumlah orang yang mengantri di pintu gerbang bagi pengguna yang sudah memiliki saldo pada jam sibuk di stasiun Manggarai Pintu Barat. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dan pengumpulan data lapangan dengan pengolahan perhitungan dan analisis data antrian pelanggan. Setelah perhitungan selesai, data dimodelkan menggunakan software Arena. Hasil penerapan model tersebut, pada jam sibuk pagi hari (06:00 - 08:00), jumlah penumpang yang datang untuk mengisi ulang kartu di loket sebanyak 76 orang dan jumlah penumpang dengan saldo di kartu (tidak isi ulang) sebanyak 407 orang, Sedangkan pada sore hari (16.00 - 18.00), jumlah pengunjung yang mengisi ulang kartunya di loket sebanyak 87 orang dan pelanggan yang memiliki saldo kartu sebanyak 825 orang.

Published

2023-10-31

Issue

Section

Articles