Perspektif Penumpang terhadap Kualitas Fasilitas Infrastruktur di Terminal Eksekutif Pelabuhan Merak-Banten

Authors

  • Kencana Verawati Universitas Negeri Jakarta
  • Henita Rahmayanti Universitas Negeri Jakarta
  • Aulia Shalsabilla Universitas Negeri Jakarta
  • Farasabila Angeli Purnomo Universitas Negeri Jakarta
  • Monica Wulandari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.21009/logistik.v17i02.50129

Keywords:

Perspektif, Terminal Eksekutif, Standar Pelayanan Minimum, Kualitas Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perspektif penumpang terkait fenomena tersebut yang disesuaikann dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. 62 Tahun 2019 mengenai Standar Pelayanan Minimum dan teori Kualitas Pelayanan (Bukti Fisik dan Kehandalan). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini, teknik analisis data yang digunakan adalah teori dari Miles&Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan akhir. Hasil penelitian dengan judul perspektif penumpang terhadap kualitas fasilitas infrastruktur di terminal eksekutif merak dengan indikator penilaian keselamatan, keamanan, kenyamanan dan kemudahan secara keseluruhan mendapatkan perspektif yang cukup baik dari penumpang, namun ada beberapa hal yang diperlu ditingkatkan, seperti petugas keamanan, ruang kesehatan yang keberadaan dan fungsional diragukan oleh penumpang dan persediaan fasilitas penunjang.

Published

2024-11-27

Issue

Section

Articles