ANALISIS KERUSAKAN RUBBER TIRED GANTRY (RTG) MENGGUNAKAAN RCM (REALIBILITY CENTERED MAINTENANCE) PT XYZ
Keywords:
Rubber Tired Gantry (RTG), Reliability Centered Maintenance (RCM), Waktu Henti, Preventive Maintenance, MaintenanceAbstract
Crane Rubber Tired Gantry (RTG) memiliki peranan krusial dalam operasional terminal peti kemas, khususnya dalam proses bongkar muat. Namun, kerusakan yang sering terjadi pada peralatan RTG mengakibatkan downtime yang signifikan, berdampak negatif terhadap efisiensi operasional dan meningkatkan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab kerusakan RTG dan mengidentifikasi komponen kritis yang memerlukan prioritas pemeliharaan dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PT XYZ. Hasil analisis menunjukkan bahwa RTG 10, RTG 04, dan RTG 06 menyumbang downtime tertinggi, masing-masing sebesar 32,1%, 19,7%, dan 15,9% dari total downtime. Di antara sistem RTG, Engine System menjadi komponen paling kritis dengan kontribusi downtime sebesar 67%, diikuti oleh Spreader System sebesar 15%. Hasil perhitungan ini perlunya peningkatan pemeliharaan preventif dan pemantauan berbasis kondisi untuk mengatasi kerusakan pada komponen-komponen. Maka dari itu, perlunya implementasi strategi pemeliharaan yang lebih terencana dan sistematis untuk semua unit RTG, dengan fokus pada unit-unit yang memiliki downtime tinggi. Rekomendasi perbaikan yang dihasilkan diharapkan dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi kerugian ekonomi akibat downtime yang tinggi. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada pengoptimalan perencanaan pada pemeliharaan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Vallent Arfi Adelencia, Rusindiyanto, Yus Ardianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License