PENILAIAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX ATAS PENERAPAN SEVEN RIGHTS OF LOGISTICS (STUDI KASUS SHOPEE EXPRESS DI AREA TANJUNG PRIOK)
Bahasa Inggris
Keywords:
Seven Rights Logistic, Indeks Kepuasan Pelanggan, e-Commerce, e-LogistikAbstract
Perkembangan bisnis logistik pada era digitalisasi dan e-commerce saat ini menuntut perusahaan logistik melakukan inovasi yang sangat cepat. Tingkat keunggulan persaingan ditentutkan dengan salah satunya penilaian kepuasan pelanggan. Penilaian Kepuasan pelanggan pada perusahaan logistik tentunya tidak terlepas dari penerapan konsep Seven Rights of Logistics, yaitu: right product, right quantity, right condition, right place, right time, right customer, dan right price. Shopee Express merupakan anak perusahaan dari Shopee Indonesia, sebagai salah satu pemain utama dalam industri logistic Indonesia, yang telah mengembangkan layanan pengiriman yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan melalui penerapan Seven Rights of Logistics. Tujuan dari dilakukannnya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penilaian pelanggan dengan Customer Satisfaction Index atas Penerapan Seven Rights Logistics, terkait kegiatan pengiriman pada shopee express di area tanjung priok. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode rumus perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI). Dengan ukuran populasi besar yang tidak dapat diketahui jumlah pastinya membuat sampel penelitian ini menerapkan teori Hair et. al. Hasil penelitian ini adalah nilai indeks kepuasan pelanggan berada pada kriteria “pelanggan sangat puas”, dengan hasil rekapitulasi total nilai rata-rata kinerja pada instrumen “Jangkauan Area Pelayanan” adalah tertinggi dengan skor 4,57 dan instrumen “Jumlah Sumber Daya” adalah terendah dengan skor 3,55.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yusup Rachmat Hidayat, Sandra Berliana Christine, Timotius Filemon Ernold, Juliara Ara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this Journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a creative commons attribution licensethat allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangementfor the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.
-
Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License