LOGISTIK https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik <p><span lang="en">The Logistic Journal is aimed at all academics and practitioners in the field of Transportation, especially Port Management and Logistics. The Logistics Journal covers the results of field research, literature studies, and public policy research aimed at improving quality and building innovation on world developments in the field of Transportation and Logistic.</span></p> <div id="z6maec" class="tw-ta-container tw-nfl"> <p>Logistic is published by Universitas Negeri Jakarta as a scientific responsibility and the embodiment of “Tri Dharma” &nbsp;of higher education. This journal publishes scientific articles in transportation management and logistics. The journal is issued 2&nbsp; (two) times a year and&nbsp; min. 5 articles per issued.</p> <p>p-ISSN&nbsp; : 2085-5141</p> <p>e-ISSN&nbsp; : 2745-9624</p> <p>The scope of the article includes:</p> <ol> <li class="show">Transport Management</li> <li class="show">Logistic Management</li> <li class="show">Port Transport Management</li> <li class="show">Marine Management</li> <li class="show">Multimodal Transport Management</li> <li class="show">Supply Chain Management</li> <li class="show">Safety and Environmental of Logistic&nbsp;</li> <li class="show">Safety and Environmental of Transport</li> <li class="show">Maritime Logistic</li> </ol> <p>The research is viewed through macro or micro transportation and logistic perspectives from various aspects, such as: operational, production, human resources, marketing, consumer services, finance, and strategic management.</p> <p>The editor has the right to alter the manuscript without changing the essence and will be evaluated by the editorial board and the reviewers. The publication process follows a blind review process.</p> </div> en-US <p>Authors who publish with this Journal agree to the following terms:</p> <ol> <li>Author&nbsp;<u>retain copyright&nbsp;</u>and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a&nbsp;<u>creative commons attribution license</u>that allow others to share the work within an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication of this journal.</li> <li>Authors are&nbsp;<u>able to enter into separate, additional contractual arrangement</u>for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g. acknowledgement of its initial publication in this journal).</li> <li>Authors are&nbsp;<u>permitted and encouraged to post their work online</u>(e.g. in institutional repositories or on their websites) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published works.</li> <li> <p>Users/public use of this website will be licensed to CC BY-NC-SA &nbsp;<a href="http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/" rel="license">Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License</a></p> </li> </ol> kencanaverawati@unj.ac.id (Kencana Verawati) jurnallogistik@unj.ac.id (Fanny Aulia) Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Analisa Penumpukan Batubara yang Mengalami Overstock Pada Coalyard PT PLN Indonesia Power PLTU Suralaya Banten https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/36201 <p><em>Coal Yard</em> merupakan sebuah tempat penyimpanan sementara bagi batubara yang nantinya akan disalurkan ke unit pembangkit di PLTU, <em>coal yard</em> yang dimiliki PT PLN Indonesia Power memiliki luas 20 Hektar dengan tipe <em>open stockpile</em> (terbuka) dan <em>coverage stockpile. </em>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh apa saja yang terjadi dan potensi permasalahan dari akibat terjadinya penumpukan batubara yang mengalami <em>overstock</em> di <em>coal yard</em> PLTU Suralaya Banten dengan ditambahkannya solusi-solusi dari pengaruh yang terjadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui&nbsp; observasi, wawancara, dokumentasi dan tinjauan literatur. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisa dan dilakukan penarikan kesimpulan.&nbsp; Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan keadaan <em>coal yard</em> yang overstock dapat menyebabkan beberapa potensi permasalahan seperti degradasi kualitas, kelongsoran, <em>self combustion</em>, dan membahayakan keselamatan para pekerja teknisi lapangan. Adapun upaya untuk menjaga kualitas dari batubara itu sendiri, seperti melakukan pemadatan, monitoring suhu timbunan, pengecekan sampel, dan penerapan sistem manajemen barang FIFO <em>(First in First out)</em> dalam proses pendistribusian ke unit pembangkit. Selain itu, penelitian ini juga memberikan beberapa saran untuk mengatasi potensi permasalahan pada area <em>coal yard</em> yang mengalami <em>overstock</em>, antara lain penambahan lahan coal yard yang sebelumnya kurang lebih 20 Ha menjadi 28 Ha, perluasan area <em>coverage stockpil </em>dan mengurangi pasokan Batubara dengan menyesuaikan terhadap luas <em>stockpile</em> area yang sudah ada.</p> Syifa Fajar Maulani , Mochammad Subasya , Wibi Ardiansyah , Mitha Iphigenia , Cika Arini Pramesti, Zaskia Amelia Putri , Rifki Cikal Reswaraa Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/36201 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Analisis Pemilihan Vendor Transportasi pada PT. Pos Logistik Indonesia Bandung untuk Antaran Gula Aren Rute Bandung – Jakarta Menggunakan Metode Weight Product (WP) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/38072 <p style="font-weight: 400;">PT Pos Logistik Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang logistik, transportasi menjadi elemen yang sangat penting dalam pengiriman barang pada suatu perusahaan, perusahaan yang bergerak pada bidang logistik acap kali memiliki kendala pada saat proses pengiriman barang yang disebabkan oleh moda transportasi yang kurang optimal menyebabkan keterlambatan pengiriman barang kepada konsumen, oleh karena itu diperlukan pemilihan vendor (penyedia jasa pengiriman) yang memiliki kinerja terbaik untuk dapat mengatasi proses pengiriman barang pada PT Pos Logistik Indonesia dengan menggunakan metode <em>Weigh Product</em> (WP), penelitian ini melakukan perbandingan terhadap beberapa vendor yang akan menjadi partner kerja PT Pos Logistik Indonesia untuk dapat mengatasi masalah keterlambatan pengiriman barang pada PT Pos Logistik, hasil pengujian berdasarkan 5 kriteria yang meliputi, harga, kualitas, garansi, kecepatan respon, dan kondisi kendaraan, PT Arisjaya Cargo terpilih dikarenakan memiliki nilai terbaik pada saat menentukan vendor menggunakan metode WP dengan nilai harga 95, kualitas 87,5, garansi 82,5, kecepatan respon 90, dan kondisi kendaraan 91,25 dengan hasil keseluruhan 0,2558.</p> petrus siagian, Dani Leonidas S , Reza Fayaqun Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/38072 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Analisis Manajemen Risiko di Terminal Angkutan Barang Kota Denpasar Menggunakan Metode House of Risk https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/35939 <p>PT X merupakan jasa pengiriman barang yang melakukan bongkar-muat barang dengan dihadapi permasalahan oleh kejadian risiko. Penelitian ini bertujuan menentukan agen risiko dan mitigasi risiko yang terjadi pada PT X. Untuk mengurangi risiko, maka digunakanlah metode <em>House of Risk</em>. Metode tersebut mengidentifikasi risiko, agen risiko prioritas, serta strategi mitigasi risiko. Hasil perhitungan berdasarkan pengamatan serta penyebaran kuisioner dari 4 responden, teridentifikasi 11&nbsp; kejadian risiko disebabkan oleh 16 agen penyebab risiko, 10 agen risiko termasuk kategori prioritas dan 6 lainnya termasuk kategori non prioritas. Agen risiko yang memiliki indeks prioritas tertinggi yaitu kesalahan dalam pengadaan peralatan dan sumber daya manusia terkait dengan spefikasi yang dibutuhkan untuk bongkar-muat barang khusus (A8) dengan indeks prioritas sebesar 2779.26 serta strategi penanganan agen penyebab risiko yang timbul berjumlah 13, dimana strategi&nbsp; penanganan yang tertinggi, yaitu mewajibkan setiap angkutan barang untuk menyertakan dokumen yang berisikan terkait spesifikasi barang yang dibawa beserta kuantitasnya (PA7) dengan ETD 7300.01.</p> AHMAD SOIMUN, Wahyu Padma Baskara , Putu Mia Arista Sari Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/35939 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Analisis Penerapan Logistic Center System dalam Mendukung Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/36023 <p>Pangan adalah suatu hal pokok dan utama yang diperlukan oleh setiap manusia dalam mempertahankan kehidupan. Pangan sangat berperan penting guna kehidupan bangsa yang sejahtera, oleh karena itu untuk menjamin ketersediaan pangan demi terpenuhinya hak setiap masyarakat maka perlu pengelolaan dan upaya dalam menjaga ketahanan pangan. Ketahanan pangan telah menjadi isu global bagi semua negara, oleh sebab itu setiap negara berusaha meningkatkan, mencapai dan mempertahankan pangan. &nbsp;Tujuan Penelitian ini adalah untuk menjaga kondisi ketahanan pangan Kabupaten Tabanan sehingga dapat diterapkan solusi berupa konsep <em>logistic center</em> guna mendukung ketahanan dan ketersediaan&nbsp;pangan di kabupaten Tabanan. Penelitian ini dilakukan melalui metode analisis deskriptif dengan menggambarkan keadaan ketahanan pangan dari Kabupaten Tabanan berdasarkan data.</p> Resza Ajie Okta Sofiana, Ocky Soelistyo Pribadi , I Komang Rizky Artawan , Luh Komang Ary Sukma Yanthi , Wahyu Padma Baskara Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/36023 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Antrian Pelanggan KRL di Stasiun Transit Manggarai (Jakarta) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/38313 <p>Arena Software adalah perangkat lunak simulasi dan otomasi yang dikembangkan oleh Modeling Systems. Perangkat lunak Arena dapat digunakan untuk menganalisis sistem produksi, sistem distribusi, dan sistem antrian, seperti sistem antrian di stasiun Commuter Line (KRL). Model tersebut mensimulasikan antrian masuk di stasiun KRL untuk mengetahui pelayanan mulai dari pelanggan masuk, antri membeli tiket, antri keluar, menunggu keluar peron, dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan server untuk mengisi ulang saldo kartu dan jumlah orang yang mengantri di pintu gerbang bagi pengguna yang sudah memiliki saldo pada jam sibuk di stasiun Manggarai Pintu Barat. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dan pengumpulan data lapangan dengan pengolahan perhitungan dan analisis data antrian pelanggan. Setelah perhitungan selesai, data dimodelkan menggunakan software Arena. Hasil penerapan model tersebut, pada jam sibuk pagi hari (06:00 - 08:00), jumlah penumpang yang datang untuk mengisi ulang kartu di loket sebanyak 76 orang dan jumlah penumpang dengan saldo di kartu (tidak isi ulang) sebanyak 407 orang, Sedangkan pada sore hari (16.00 - 18.00), jumlah pengunjung yang mengisi ulang kartunya di loket sebanyak 87 orang dan pelanggan yang memiliki saldo kartu sebanyak 825 orang.</p> Kencana Verawati, Winoto Hadi, Sandy Valdeza, Ade Chandra Prasetyo, Rizki Hamdallah Habel Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/38313 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Analisis Kinerja Parkir Bus Kawasan Pura Besakih pada Kegiatan Keagamaan (Studi Kasus: Parkir Kedungdung) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/35937 <p>Menjadi satu-satunya pura terbesar di Pulau Bali, Pura Agung Besakih merupakan salah satu tempat yang menciptakan adanya suatu mobilitas yang dilakukan masyarakat dengan atau tanpa moda transportasi. Maka daripada itu kawasan Pura Agung Besakih tidak terlepas dari kebutuhan lahan parkir, terutama untuk moda transportasi yang memiliki dimensi atau ukuran yang cukup besar. Pengaturan terhadap ruang parkir kendaraan bus yang datang penting dijadikan sebagai perhatian sebab akan menimbulkan kendala yang dapat menghambat kegiatan disekitar kawasan Pura. Tempat parkir Asti Mandala atau Lapangan Parkir Kedungdung merupakan salah satu fasilitas kawasan parkir yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi Bali dengan kapasitas sebesar 250 stall. Berdasarkan data hasil survei didapatkan indeks parkir tertinggi mencapai 7% pada hari pertama pelaksanaan survei dan rata-rata turn over parkir selama pelaksanaan 3 hari survei menyentuh angka 0.475 putaran. Dimana tingkat pergantian tertinggi terjadi pada hari sabtu dengan angka yang mencapai sebesar 0.556 unit/SRP.</p> NI KOMANG NOVIA KRISNAYANTHI, Komang Ramanda Agastya , Wahyu Padma Baskara , Putu Meita Ramaputri , Arif Devi Dwipayana Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/35937 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Model Dinamika Sistem Untuk Analisis Resiliensi Pelabuhan (Port Resilience) (Studi Kasus: Pelabuhan Pantoloan) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/38289 <p>Pelabuhan merupakan salah satu infrastruktur vital dalam perannya sebagai pintu gerbang dalam kegiatan perekonomian. Namun sayangnya, pelabuhan rentan terekspos oleh bencana, baik bencana alam maupun non-alam. Salah satu contohnya adalah bencana gempabumi dan tsunami yang menghantam Palu Sulawesi pada 2018 mengakibatkan lumpuhnya Pelabuhan Pantoloan yang merupakan pelabuhan terbesar di Provinsi Sulawesi Tengah. Untuk itulah, perlu adanya kesadaran meningkatkan resiliensi pelabuhan sebagai upaya mitigasi bencana di masa depan. Metodologi yang digunakan adalah dengan model dinamika sistem dengan menggunakan software VENSIM. Penelitian ini diawali dengan identifikasi besarnya kerusakan akibat bencana kemudian dilakukan survei sekunder untuk mengetahui upaya pemulihan yang dilakukan untuk mengembalikan performa pelabuhan. Performa yang ditinjau adalah kapasitas container crane yang bekerja di pelabuhan. Kemudian dilakukan uji skenario. Skenario pertama adalah robustness yaitu meningkatkan kemampuan untuk menahan tingkat kegagalan tertentu dalam bentuk tanggul laut (sea wall). Skenario kedua adalah rapidity yaitu meningkatkan kemampuan untuk mencapai tujuan secara tepat waktu untuk mencegah kerugian di masa depan dalam bentuk kesiapsiagaan bencana di pelabuhan. Dan skenario ketiga adalah penggabungan antara skenario robustness+rapidity. Hasil pada pemodelan base case adalah pelabuhan baru bisa kembali normal seperti sedia kala adalah pada hari ke-140 pascabencana dengan kerugian total sebesar 16.872 box. Angka ini setara kerugian sebesar nyaris 50% per harinya. Sedangkan pada kondisi robustness+rapidity merupakan skenario terbaik dimana pelabuhan berfungsi normal pada hari ke-60 dan total kerugian hanya 9.467 box.</p> Intan Puspa Wangi Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/38289 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700 Analisis Kapasitas Parkir Dalam Mendukung Kegiatan Ibadah Masyarakat (Studi Kasus Pada Kawasan Ground Floor di Pura Besakih) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/39239 <p>Pura Besakih merupakan pura terbesar di Bali dan pusat kegiatan upacara agama Hindu. Salah satu perayaan penting di Pura Besakih adalah Upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh yang berlangsung selama dua puluh satu hari berturut-turut. Dalam rangka mengantisipasi jumlah pengunjung yang membludak selama perayaan ini, Pemerintah Provinsi Bali mengeluarkan Surat Edaran Gubernur Bali tentang tatanan baru bagi pemedek atau pengunjung, termasuk pentingnya fasilitas parkir yang nyaman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan ruang parkir dan melakukan evaluasi terhadap sistem parkir di kawasan Ground Floor di Pura Besakih selama Upacara Karya Ida Bhatara Turun Kabeh. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang parkir di Ground Floor Pura Besakih memiliki kapasitas yang cukup luas untuk menampung kebutuhan parkir kendaraan.</p> Ni Nyoman Andayani, Gde Prasawitha Pradnyanatha, Nadila Reza Dinata, Arif Devi Dwipayana Copyright (c) https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/logistik/article/view/39239 Tue, 31 Oct 2023 00:00:00 +0700