PENDEKATAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

  • Setiadi Sulaiman
Keywords: konsep, pembelajaran sejarah, ilmu sosial

Abstract

Dalam proses pembelajaran  sejarah  terdapat  dua hal yaitu pengetahuan  sejarah  sebagai bagian dari pengetahuan  budaya dan pengetahuan  sejarah sebagai bagian dari ilmu-ilmu sosial. Konsep yang muncul dalam pembelajaran sejarah sebagai pengetahuan budaya menggugah kesadaran kita, karena mengandung konsep budaya dan nilai, seperti pahlawan, rela berkorban, persatuan bangsa, kemanusiaan, dan lain-lain. Pada sisi yang lain, dalam memahami  sejarah  sebagai  realitas  kehidupan  manusia  yang kompleks   perlu dimengerti bahwa pengetahuan sejarah tersebut sebagai bagian dari ilmu sosial, sehingga realitas kehidupan manusia bukan hanya faktor kronologi tanggal kejadian, nama-nama tokoh, dan tempat/lokasi, tetapi seluruh interaksi yang melibatkan struktur dan individu serta komunitas yang berlangsung secara berkesinambungan dalam rentangan waktu masa lalu hingga kekinian,yang  dapat   dipahami secara utuh, dengan menggunakan  berbagai konsep dalam ilmu sosial.

Author Biography

Setiadi Sulaiman

Dosen Sejarah FIS UNJ

Published
2017-06-22