PENDEKATAN KONSEP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
Abstract
Dalam proses pembelajaran sejarah terdapat dua hal yaitu pengetahuan sejarah sebagai bagian dari pengetahuan budaya dan pengetahuan sejarah sebagai bagian dari ilmu-ilmu sosial. Konsep yang muncul dalam pembelajaran sejarah sebagai pengetahuan budaya menggugah kesadaran kita, karena mengandung konsep budaya dan nilai, seperti pahlawan, rela berkorban, persatuan bangsa, kemanusiaan, dan lain-lain. Pada sisi yang lain, dalam memahami sejarah sebagai realitas kehidupan manusia yang kompleks perlu dimengerti bahwa pengetahuan sejarah tersebut sebagai bagian dari ilmu sosial, sehingga realitas kehidupan manusia bukan hanya faktor kronologi tanggal kejadian, nama-nama tokoh, dan tempat/lokasi, tetapi seluruh interaksi yang melibatkan struktur dan individu serta komunitas yang berlangsung secara berkesinambungan dalam rentangan waktu masa lalu hingga kekinian,yang dapat dipahami secara utuh, dengan menggunakan berbagai konsep dalam ilmu sosial.