Aktivitas Argumentasi dalam Kegiatan Eksperimen Fisika: Analisis Respon Mahasiswa

  • Syah Yulianci Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , STKIP Taman Siswa Bima, Bima, Indonesia
  • S. Siswanto Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tidar, Magelang, Indonesia
  • Yusiran Program Studi Pendidikan Fisika, STKIP Taman Siswa Bima, Bima, Indonesia
  • Hartono Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • B. Subali Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
Keywords: Argumentasi ilmiah, eksperimen fisika, model eksperimen

Abstract

Kegiatan eksperimen merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai respon mahasiswa terhadap aktivitas argumentasi yang disisipkan dalam kegiatan eksperimen fisika. Kegiatan eksperimen yang disisipi aktivitas argumentasi yaitu tahapan aktivitas laboratorium inkuiri, yang meliputi tahap (1) mengidentifikasi masalah, (2) merumuskan tujuan, (3) merumuskan hipotesis, (4) merancang prosedur eksperimen, (5) melakukan kegiatan eksperimen, (6) melakukan interpretasi data, (7) menyimpulkan. Sedangkan aktivitas argumentasi yang disisipkan meliputi aktivitas mengajukan klaim, data, pembenaran, dan dukungan. Penelitian ini  dilakukan dengan melibatkan 100 mahasiswa di tiga perguruan tinggi yang berbeda. Data diperoleh melalui angket respon mahasiswa dan wawancara terbuka.  Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.  Secara umum, kegiatan eksperimen mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa.

Published
2019-09-17