Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas Vi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Media Interaktif Tahun 2018/2019

  • Yusi Puspitasari Guru Kelas, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung

Abstract

Sistem peradaran manusia merupakan materi yang cukup sulit dipahami oleh siswa karena organ-organ yang dipelajari  tidak bisa dilihat langsung oleh siswa sehingga membutuhkan visualisasi dalam pembelajarannya. Pembelajaran yang dilakukan guru selama ini hanya menggunakan bahan ajar cetak berupa buku. Guru terlalu banyak ceramah sehingga seringkali siswa merasa bosan. Kurnagnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi tersebut. Tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajarannya, meningkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa tentang sistem peredaran darah manusia pada kelas VI SD Negeri Balesari menggunakan media interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terlihat bahwa penggunaan media interaktif dapat meningkatkan pemahaman serta hasil belajar siswa dalam materi sistem peredaran darah manusia.

Hasil evaluasi pada kondisi awal yang semula nilai rata-ratanya 55 dengan ketuntasan sebanyak 7 siswa dengan persentase 25% meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 71,50 dengan ketuntasan sebanyak 16 siswa dengan persentase 57,14% kemudian pada siklus ke II diperoleh rata-rata nilai sebanyak 85,36 dengan ketuntasan sebanyak 26 siswa dengan persentase 92,86%.

Published
2019-09-17