-
Sumargiyani
Pogram Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
-
Mufika Syahfitri
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
-
Fatimatus Solihah
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
-
Maulida Asih Khairani
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS, TAI dan TPS. Populasi dari penelitian ini semua siswa kelas XI akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi kabupaten Sleman. Sampel terdiri dari tiga kelas, diperoleh kelas A untuk model pembelajaran TSTS, kelas B untuk model pembelajaran TAI dan kelas C untuk model pembelajaran TPS. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat analisis : uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji ANOVA satu jalur. Hasil penelitian diperoleh Fhitung=0,069 < Ftabel 3,142. Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TPS,TAI maupun TSTS
Author Biography
Maulida Asih Khairani, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS, TAI dan TPS. Populasi dari penelitian ini semua siswa kelas XI akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi kabupaten Sleman. Sampel terdiri dari tiga kelas, diperoleh kelas A untuk model pembelajaran TSTS, kelas B untuk model pembelajaran TAI dan kelas C untuk model pembelajaran TPS. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat analisis : uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji ANOVA satu jalur. Hasil penelitian diperoleh Fhitung=0,069 < Ftabel 3,142. Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TPS,TAI maupun TSTS