Perbandingan Model Pembelajaran Tsts, Tai Dan Tps Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK

  • Sumargiyani Pogram Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
  • Mufika Syahfitri Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
  • Fatimatus Solihah Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD
  • Maulida Asih Khairani Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS, TAI dan TPS. Populasi dari penelitian ini semua siswa kelas XI akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi kabupaten Sleman. Sampel terdiri dari tiga kelas, diperoleh kelas A  untuk model pembelajaran TSTS, kelas B untuk model pembelajaran TAI dan  kelas C untuk model pembelajaran TPS. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat analisis : uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji ANOVA satu jalur. Hasil penelitian diperoleh Fhitung=0,069 < Ftabel 3,142. Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TPS,TAI maupun TSTS

Author Biography

Maulida Asih Khairani, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UAD

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TSTS, TAI dan TPS. Populasi dari penelitian ini semua siswa kelas XI akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi kabupaten Sleman. Sampel terdiri dari tiga kelas, diperoleh kelas A  untuk model pembelajaran TSTS, kelas B untuk model pembelajaran TAI dan  kelas C untuk model pembelajaran TPS. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Uji prasyarat analisis : uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji ANOVA satu jalur. Hasil penelitian diperoleh Fhitung=0,069 < Ftabel 3,142. Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna rerata hasil belajar matematika pada kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Turi Tahun Pelajaran 2018/2019 yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran TPS,TAI maupun TSTS

Published
2019-09-17