Pengembangan Handout Ipa Berbasis Lingkungan Alam Sekitar Dipadu Peta Konsep

  • Dyah Ayu Fajarianingtyas Prodi Pendidikan IPA, FKIP Universitas Wiraraja
  • Achmad Mustofa Helmy Huda Prodi Pendidikan IPA FKIP Universitas Wiraraja

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kelayakan handout IPA berbasis lingkungan alam sekitar dipadu peta konsep dan (2) respon dari peserta didik dan guru. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPI Al-Aziz sebanyak 11 orang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R & D) dengan model penelitian Four D yang di awali dengan tahap pendefinisian, rancangan dan pengembangan. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi dan lembar respon. Hasil penelitian yang didapatkan dari validasi kelayakan handout IPA berbasis lingkungan alam sekitar dipadu peta konsep oleh ahli yaitu kelayakan materi sebesar 94% (kategori sangat layak), kelayakan lingkungan alam sekitar sebesar 100% (kategori sangat layak), kelayakan peta konsep sebesar 96% (kategori sangat layak),  dan kelayakan desain sebesar 91% (kategori sangat layak). Hasil penyebaran angket respon berupa respon peserta didik kelas sebesar 82% (kategori sangat baik tanpa revisi) dan respon guru sebesar 89% (ketegori sangat baik tanpa revisi).

Published
2019-09-17