Efektivitas Metode Discovery dan Media Youtube Terhadap Siswa Kelas V SD N Tlahap Dalam Materi Fotosintesis

  • Bargi Guru SD Negeri Tlahap, Kec. Kledung, Kab. Temanggung

Abstract

Pembelajaran di Sekolah Dasar akan lebih efektif, menarik, dan menyenangkan apabila guru dalam menjelaskan materi pelajaran memanfaatkan berbagai media dan metode secara bervariasi. Penggunaan metode yang tidak bervariasi, menjadikan hasil belajar sangat rendah seperti yang terjadi pada siswa kelas V SDN Tlahap tahun pelajaran 2018/2019. Untuk memecahkan masalah tersebut, peneliti  melakukan tindakan dengan mengubah  metode dan media pembelajaran, yang semula menggunakan mengunakan metode konvensional diganti  metode discovery dan media youtube. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar pada siswa kelas V SDN Tlahap tahun pelajaran 2018/2019 pada materi fotosintesis yang nilainya masih rendah. Dalam menggunakan metode discovery dan media youtube siswa diajak untuk mengamati dari video yang diambil dari youtube kemudian diarahkan untuk berdiskusi dalam kelompok. Hasil diskusi disampaikan di depan kelas dan ditanggapi oleh kelompok lain, yang kemudian akan disimpulkan bersama guru. Sumber data diambil dari pretest sebelum dilakukan tindakan untuk mengetahui kemampuan awal, dan postest pada akhir siklus kedua. Dalam tiap siklus, penggunaan metode discovery dan media youtube akan meningkatkan hasil belajar karena lebih menarik, menyenangkan, dan pengetahuannya pun diperoleh dari pengalaman belajar sendiri bersama teman-temannya. Hasil belajar terbukti lebih baik ada peningkatan sebesar 60,87%

Published
2019-09-17