Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 6 Tahfidz Tahun Pelajaran 2018/2019 Menggunakan Metode Heart Mind Core (Hmc)

  • Fitria Asadhani SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang

Abstract

Penelitian ini berdasarkan best practice yang dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar awal pembelajaran Matematika kelas 6 tahfidz. Hal ini ditunjukkan dengan yaitu hanya 7 dari 30 siswa yang aktif menjawab dan memperhatikan. Hasil belajar matematika rata-rata di kelas 5 semester 2 masih 60,65% siswa di bawah KKM (73).

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa mulai dari awal hingga akhir tahun pembelajaran. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 hingga Maret 2109, dengan mengambil contoh pembelajaran pada pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah. Metode Heart Mind Core adalah modifikasi metode pembelajaran TGT, problem solving dan CORE. Metode ini menitikberatkan pada pendekatan psikologis sebelum masuk pada pemahaman materi.

Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan hasil belajar Operasi Hitung Bilangan Cacah meningkat. Terbukti 90% siswa lebih antusias belajar Matematik dan hanya 4 orang siswa yang mendapat nilai di bawah KKM. Pada materi selanjutnya rata-rata 10% siswa yang nilainya di bawah KKM. Keadaan dapat bertahan hingga menjelang USBN. Hal ini semakin diperkuat dengan hasil wawancara berkala dengan orang tua yang menyatakan siswa lebih semangat belajar Matematika. Dengan metode ini, siswa diharapkan dapat mempunyai pengalaman belajar sehingga membuat mereka lebih menyukai dan memahami materi Matematika

Published
2019-09-17