Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi Alternatif pada Siswa Kelas IV SD N Nampirejo

  • Nasyiatur Raafiatul Aziizah SDN Nampirejo Temanggung

Abstract

Salah satu tujuan pendidikan adalah mengembangkan manusia seutuhnya untuk memiliki pengetahuan. Pengetahuan didapatkan melalui proses pembelajaran. Pembelajaran yang bermutu akan memberikan kesempatan anak didik mendapatkan ilmu pengetahuan. Namun demikian sering terjadi pembelajaran yang hanya satu arah. Sehingga mengakibatkan gagalnya anak didik mendapatkan pengetahuan. Begitu juga dengan kurang menariknya pembelajaran yang dilaksanakan dikarenakan kurangnya media yang digunakan. Sehingga respon anak kurang yang berakibat pemahaman yang diharapkan tidak sesuai dengan tujuan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pembelajaran media berbasis teknologi informatika dalam meningkatkan pemahaman konsep. (2) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep dengan menggunakan media berbasis teknologi informatika. Metode pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara dan test. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SD Nampirejo Temanggung

Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media berbasis teknologi informatika dapat meningkatkan pemahaman konsep materi energi alternatif anak kelas IV SD Nampirejo. Pembelajaran terjadi dengan menarik, menyenangkan dan memotivasi siswa. (2) Peningkatan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan. Siklus I siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM 67% dan siklus II siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM mencapai 96%.

Published
2019-09-17