Pemanfaatan Kojasi Akasia dengan Wotos untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Materi Siklus Air

  • Ahmad Irfan Barokah SD Negeri Purborejo, Temanggung
Keywords: kojasi akasia, pemahaman, siklus air, wotos

Abstract

Siklus air merupakan fenomena alam yang dekat dengan kehidupan manusia, tak terkecuali bagi anak Sekolah Dasar. Bagi anak SD di dalam siklus air banyak yang bisa dipelajari. Mulai dari mempelajari prosesnya, manfaat bagi manusia, faktor pendukung dan penghambat, serta pengaruhnya bagi kehidupan di bumi. Tentu untuk dapat mempelajari siklus air butuh pemahaman yang baik, tanpa pemahaman yang baik maka tujuan belajar tidak akan tercapai. Kojasi Akasia dengan Wotos dipilih sebagai tindakan penelitian karena peneliti berkeyakinan bahwa tindakan tersebut mampu memecahkan permasalahan pembelajaran tersebut, yaitu pemahaman siswa akan materi siklus air masih rendah. Hal ini tergambar dari hasil belajar siswa 60% masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penggunaan Kojasi Akasia dengan Wotos untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa pada materi siklus air. Pemanfaatan Kojasi Akasia dengan Wotos dalam pembelajaran siklus air, terbukti tepat dan berhasil. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilaian akhir, dimana sebanyak 18 siswa (85,71 %) mendapat nilai A, dan 3 siswa lainnya (14,29 %) mendapat nilai B. Selain itu rata-rata penilaian siswa mencapai 90,95. Ketuntasan belajar siswa diatas nilai KKM sebesar 100 % (21 siswa). Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan Kojasi Akasia dengan Wotos dapat meningkatkan pemahaman siswa SDN Purborejo Kelas V pada materi siklus air

Published
2019-09-17