Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Tingkat SLTA di Kabupaten Pringsewu Menggunakan Model CIPP
Abstract
Kurikulum merupakan acuan bagi segala bentuk aktivitas pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu penyempurnaan kurikulum pada setiap jenjang pendidikan termasuk di tingkat SMA menjadi satu hal yang mutlak harus dilakukaan oleh pemerintah. Dalam implementasinya, kurikulum perlu dievaluasi agar diketahui kesesuaian maupun permasalahan yang muncul dalam pelaksanaannya. Penelitian ini merupakan penerapan model Contexs, Input, Process, Product (CIPP) untuk mengetahui sejauh mana implementasi kurikulum 2013 di tingkat SMA di kabupaten Pringsewu. Ketercapaian implementasi yang dimaksud dalam penelitian mengacu pada keputusan Permendikbud RI Nomor 81 A tahun 2013 tentang Implementasi kurikulum 2013. Hal ini penting dilakukan karena kurikulum 2013 diterapkan di seluruh Indonesia sehingga diharapkan hasil penelitian ini akan menjadi masukan yang objektif untuk pihak sekolah, siswa, orang tua, maupun pemerintah tentang pelaksanaan kurikulum 2013. Masukan inilah yang bisa dijadikan acuan untuk perbaikan pelaksanaan kurikulum pada khususnya dan kemajuan dunia pendidikan pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian mengenai evaluasi implementasi kurikulum 2013 di tingkat sma/smk/ma sederajat di kabupaten pringsewu menggunakan model CIPP dapat disimpulkan implementasi kurikulum 2013 di tingkat SMA/SMK/MA sederajat di kabupaten pringsewu sudah berjalan dengan baik, tetapi aspek sarana prasarana, proses pembelajaran dan proses penilaian masih perlu penyempurnaan